Sebanyak 25 Ribu Milenial Direkrut Buat Bantu Perang TNI

Mereka akan diberi uang saku, asuransi, dan pelatihan militer
Mochammad Rizki - Nasional,Jumat, 21-02-2020 14:15 WIB
Sebanyak 25 Ribu Milenial Direkrut Buat Bantu Perang TNI
Prajurit TNI saat pendidikan. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Pertahanan (Kemhan) menargetkan 25.000 milenial bergabung dalam komponen cadangan (komcad) pertahanan negara.

Baca juga: Waduh! 12 Senjata TNI yang Helikopternya Jatuh di Papua Hilang 

Komcad disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama atau TNI, dalam menghadapi ancaman militer.

Komcad merupakan elemen di luar TNI, sama dengan komponen pendukung. Sementara komponen pertahanan utama nasional adalah TNI.

"Harapannya seperti itu (rekrut 25.000 milenial). Apakah nanti akan tercapai dalam berapa tahun, nanti tergantung anggarannya," kata Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan Bondan Tiara Sofyan di Kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Perekrutan warga sipil dalam komcad, mengacu Undang-Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Namun, pembukaan rekrutmennya masih menunggu terbitnya peraturan pemerintah (PP) soal komcad yang sedang digodok Kementerian Sekretriat Negara (Setneg).

Bondan berharap, PP mengenau komcad bisa segera terbit, sehingga setelah Idul Fitri 2020 pembukaan pendaftaran bisa dilaksanakan.

"PP-nya masih dalam proses, sudah selesai harmonisasi (antar-kementerian/lembaga) sekarang masih dalam proses pembahasan akhir di Setneg. Begitu PP-nya selesai, kita segera sosialisasi," tuturnya.

Masyarakat yang bergabung dengan komcad, akan mendapatkan keterampilan dasar militer sampai uang saku.

"Dia memiliki keterampilan dasar militer, itu yang didapat. Jadi kalau hak-haknya seperti uang saku, tapi terbatas sesuai dengan latihan dasar militer," jelas Bondan.

Para peserta akan menjalani pelatihan selama tiga bulan, serta mendapat perlengkapan komcad, jaminan kesehatan, dan asuransi.

Sosialisasi perekrutan komcad dilakukan dengan memanfaatkan media sosial.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0