Empat Terduga Teroris JI Jebolan Suriah Ditangkap Densus 88 di Bekasi

Sebelumnya Tim Densus 88 juga berhasil mengamankan terduga teroris di Sleman , Jawa Tengah
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Senin, 05-10-2020 21:21 WIB
Empat Terduga Teroris JI Jebolan Suriah Ditangkap Densus 88 di Bekasi
Tim Densus 88 Antiteror menangkap empat terduga teroris di Bekasi/ist

Bekasi, Nusantaratv.com-Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap empat terduga teroris di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (4/10/2020). Keempat orang terduga teroris dari kelompok Jamaah Islamiah (JI) yang berhasil diamankan kabarnya pernah ke Suriah.

Keempat terduga teroris adalah MN alias S alias M alias Kh, 41. Kemudian, MTs alias D alias Ts, 27. Lalu, NMM alias A alias N alias S, 38. Terakhir, Irf alias MI alias B alias Y alias S alias B, 46.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono menjelaskan keempat terduga teroris tersebut punya peran yang berbeda di dalam kelompok teroris JI.

Terduga teroris MN pernah mengikuti pelatihan Kegiatan Alam Terbuka (KAT) Kelompok Adira angkatan pertama gelombang ke dua pada 2012. Dia juga menyimpan beberapa barang bukti. Seperti, laptop dan telepon genggam SH yang lebih dulu ditangkap.

“Dia juga pernah menyembunyikan MTs alias D dan SH,” tutur Argo, Senin (5/10/2020).

Baca juga: Geledah Rumah Kontrakan Terduga Teroris di Sleman, Densus 88 Temukan Benda-benda Ini

Kemudian, Ts merupakan peserta Sasana Jamaah Islamiah gelombang kedua. Dia juga diketahui pernah berangkat ke Suriah pada gelombang ke enam.  

Selanjutnya, B berperan sebagai Qoid Tholiah qodimah Barat bidang Tajhiz/Bithonah. Dia sebagai motivator di pertemuan Situ Gintung usai penangkapan Amir Jamaah Islamiah dan panitia pengiriman ikhwan ke Ambon pada kerusuhan 2005, serta menjadi anggota Syar'iyah Abu Dujana Jamaah Islamiah pada 2005/2006. 

Sedangkan S merupakan pelayan Bithonah. Dari tangan S polisi menyita lima pucuk senjata api gas laras panjang rakitan yang diserahkan kepada anggotanya di Jakarta dan Lampung pada 2013. Terkait senjata ini, S pernah mengikuti pelatihan bongkar pasang senjata di Klaten pada 2014.

"Terduga teroris S dan Kh juga berperan menyembunyikan terduga teroris Ts," kata Argo.

Selain di Bekasi, baru-baru ini Densus 88 Antiteror Mabes Polri juga berhasil mengamankan seorang terduga teroris di Sleman, Jawa Tengah.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0