Temui Rizieq yang Masih Masa Isolasi, Kemendagri Diminta Evaluasi Anies

Jika dibiarkan, dikhawatirkan tindakan Anies diikuti masyarakat
Mochammad Rizki - Nasional,Rabu, 11-11-2020 17:07 WIB
Temui Rizieq yang Masih Masa Isolasi, Kemendagri Diminta Evaluasi Anies
Pertemuan Anies dengan Rizieq.

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab di kediamannya, Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2020) malam. Pertemuan itu disebut sebagai silaturahmi gubernur dengan warganya. 

Anggota Komisi B DPRD DKI dari Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjuntak meminta Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) mengevaluasi Anies usai pertemuan dengan Rizieq. 

Baca juga: KAMI Se-Jawa Minta Rizieq Gabung Jadi Presidium 

Sebab, Anies dinilai melanggar peraturan daerah DKI tentang penanggulangan covid, lantaran Rizieq masih dalam masa isolasi, sehingga seharusnya tak bisa ditemui.

"Saya mendorong hal ini seharusnya disikapi oleh Kemendagri dinilai dan dievaluasi," ujar Gilbert, Rabu (11/11/2020). 

Ia khawatir, perilaku Anies menjadi hal yang diwajarkan masyarakat. Gilbert cemas aturan-aturan yang selama ini dibuat, tak lagi dipatuhi masyarakat, jika tindakan Anies dibiarkan, tanpa ada sanksi. 

Gilbert pun meminta Anies lebih berhati-hati dalam bersikap sebagai pemimpin DKI. 

Terlebih, Anies telah berulang kali menetapkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) beserta sanksinya, yang membuat sebagian masyarakat mengeluh.

"Kendati itu pertemuan untuk kepentingan pribadi dan golongan tapi itu bukan seorang pemimpin namanya, dia tidak melepaskan predikat gubernur selama masih menjabat," tutur dia. 

Gilbert mengaku tak ingin mencampuri urusan pribadi Anies dengan Rizieq. Tapi, sebagai gubernur, Anies harus menjaga kehormatan. 

Terlebih, pertemuan tersebut dianggap tak ada urgensinya di tengah pandemi Covid-19.

"Saya tak mencampuri urusan politik dia, namun seharusnya mampu menempatkan porsinya sebagai seorang pemimpin," tandasnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0