Mahfud Md Sesalkan Kerumunan Acara Rizieq, Wagub DKI: Jumlah Kami Terbatas

Pihaknya tak bisa langsung membubarkan kerumunan tersebut
Mochammad Rizki - Nasional,Senin, 16-11-2020 22:59 WIB
Mahfud Md Sesalkan Kerumunan Acara Rizieq, Wagub DKI: Jumlah Kami Terbatas
Ahmad Riza Patria (kanan) bersama Anies.

Jakarta, Nusantaratv.com - Menko Polhukam Mahfud Md mengaku telah mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai kerumunan massa semasa pandemi Covid-19 di acara Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat.

Ia pun menyayangkan penyelenggaraan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu, karena melanggar protokol kesehatan. 

 Baca juga: Ceramah Sebut 'Lonte', Organisasi Habib Tegur Rizieq 

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza), pihaknya sudah menjalankan tugas dengan mengimbau hingga memberikan sanksi denda Rp 50 juta kepada Rizieq. 

"Kami sudah melakukan tugas kami, mengingatkan, mengimbau, sosialisasi, bahkan menyurati, kemudian kita ada pelanggaran, kami tindak, kami denda," ujar Ariza di Balai Kota DKI, Senin (16/11/2020).

Ariza mengakui pihaknya tak bisa secara langsung membubarkan kerumunan di acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Rizieq tersebut.

Sebab, jumlah aparatnya terbatas. Pemprov DKI sendiri, kata dia telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian terkait kerumunan tersebut. 

"Ya memang itu kan ada batasan-batasan, jumlah kami terbatas, kan kemudian kami sudah koordinasi dengan aparat keamanan lainnya, kan kami tidak bisa berdiri sendiri," tuturnya.

Ia menjelaskan, massa yang datang tak semuanya berasal dari tamu undangan. Namun mereka datang tiba-tiba dan berbondong-bondong. 

"Sudah imbau, sosialisasi, ada baliho, spanduk, kami minta dan sebagainya, yang datang itu kan bukan yang diundang, berbondong-bondong begitu, bukan yang diundang," tandasnya. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0