Hewan Kurban Dipotong Sabtu, Tak Ada Salat Id di Istiqlal

Upaya ini guna mengantisipasi penyebaran virus corona
Mochammad Rizki - Nasional,Kamis, 30-07-2020 07:38 WIB
Hewan Kurban Dipotong Sabtu, Tak Ada Salat Id di Istiqlal
Masjid Istiqlal. (Shutterstock)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pengurus memastikan takkan menggelar salat idul adha (id) di Masjid Istiqlal pada Jumat (31/7/2020).

Selain itu, pengurus Masjid juga mengundurkan waktu pelaksanaan pemotongan hewan kurban menjadi Sabtu (1/8/2020).

Baca juga: MUI Imbau Masyarakat Salat Id di Rumah Masing-masing 

"Bahkan untuk pemotongan dan pembagian hewan kurban, Masjid Istiqlal mengundurnya sampai tanggal 1 Agustus 2020. Ini dilakukan untuk menjaga physical distancing dan mencegah kerumunan," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Rabu (29/7/2020).

Menurut Yusri, berarti surat edaran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) masyarakat diimbau melaksanakan salat id di rumah masing-masing.

"Namun dipersilakan untuk mengadakannya bagi masjid-masjid yang berada di zona hijau. Untuk di zona merah juga tidak dilarang, namun agar menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tutur Yusri.

Pihaknya melalui polres dan polsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya, masih mendata masjid mana saja yang akan mengadakan salat id. Tujuannya untuk dilakukan pengamanan. 

"Dan pengawasan agar protokol kesehatan diterapkan secara baik," ucap Yusri.

Polda Metro Jaya sendiri mengerahkan 3.327 personel gabungan guna melakukan pengamanan dan pengawasan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan semasa Idul Adha 2020. Para personel diterjunkan mulai hari ini, dan menempati sejumlah pos pengamanan yang disiapkan. 

"Dari Polri menurunkan 3.105 personel, TNI sebanyak 100 personel dan dari aparat Pemda sebanyak 122 personel," jelas Yusri.

"Personel akan mengawasi mulai dari malam takbiran, di hari H idul adha sampai ke pekan liburan idul adha. Yakni mengantisipasi keramaian di tempat wisata serta kemungkinan arus mudik," tambahnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0