Denda Rizieq Rp 50 Juta, Satgas Puji Anies

Menurut Doni denda tersebut yang tertinggi
Mochammad Rizki - Nasional,Minggu, 15-11-2020 21:36 WIB
Denda Rizieq Rp 50 Juta, Satgas Puji Anies
Acara yang digelar pihak Rizieq.

Jakarta, Nusantaratv.com - Satgas Penanganan Covid-19 memuji langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajaran yang memberikan sanksi denda administratif kepada pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab. 

Anies dinilai mengambil langkah terukur menyikapi kerumunan di acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq. 

Baca juga: Rizieq Dibolehkan Berkerumun, Dokter Tirta: Ngapain PSBB Transisi? 

"Saya selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan yang telah mengambil langkah-langkah terukur terhadap adanya pelanggaran dari suatu kegiatan yang diselenggarakan di Petamburan," ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube BNPB, Minggu (15/11/2020).

Rizieq dijatuhi denda Rp 50 juta setelah kedua acara yang pihaknya gelar, menimbulkan kerumunan, Sabtu (14/11/2020) malam. 

Menurut Doni, denda tersebut merupakan yang tertinggi dan bisa dilipatkangandakan jika terulang kembali. 

"Gubernur Anies telah mengirimkan tim yang dipimpin oleh Kasatpol PP untuk menyampaikan surat denda administrasi sejumlah Rp 50 juta kepada panitia yang menyelenggarakan acara tersebut. Denda ini denda tertinggi, dan apabila di kemudian hari masih terulang kembali, menurut Gubernur Anies, denda tersebut akan dilipatgandakan menjadi Rp 100 juta," kata dia.

Doni mengungkapkan, Satpol PP DKI telah menerjunkan 200 personel pada malam saat acara di Petamburan, Jakarta Pusat itu berlangsung. Lantaran ditemukan pelanggaran, Satpol PP akhirnya memberikan sanksi kepada pihak Rizieq. 

"Kami juga telah berupaya dengan Bapak Gubernur untuk berkoordinasi setiap saat. Gubernur telah menyampaikan imbauan secara lisan, diikuti oleh imbauan secara tertulis. Dan tadi malam, tim Satpol PP pun telah menggelar lebih dari 200 personel untuk melihat kondisi yang ada di lapangan. Sehingga tadi pagi tim gabungan Satpol PP mengambil keputusan terjadi pelanggaran terhadap protokol kesehatan," papar Doni.

Satgas turut memuji kinerja Satpol PP DKI yang melakukan penindakan terhadap para pelanggar yang tak memakai masker di acara Rizieq. Dari penindakan tersebut, menurut Doni, terkumpul denda sampai Rp 1,5 juta.

"Kami memberikan apresiasi kepada tim Satgas DKI yang juga tidak pandang bulu terhadap mereka yang melakukan pelanggaran terhadao protokol kesehatan, terutama yang tidak menggunakan masker pada acara yang diselenggarakan pada malam hari di Petamburan," jelas Doni.

"Dengan memberikan sanksi kepada 17 orang dan juga memberikan sanksi fisik kepada 19 orang. Untuk yang 17 orang dikenai sanksi denda sehingga dana yang diterima oleh Satpol PP DKI sebesar Rp 1,5 juta," sambungnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0