Buntut Pernikahan Putri Habib Rizieq, Kepala KUA Tanah Abang Dicopot

Ditegaskan keputusan tersebut sejalan dengan komitmen Menteri Agama Fachrul Razi yang memprioritaskan penerapan prokes jajaran...
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Senin, 23-11-2020 18:30 WIB
Buntut Pernikahan Putri Habib Rizieq, Kepala KUA Tanah Abang Dicopot
Pernikahan Najwa Shihab dan Muhamad Irfan di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu 14 November 2020 lalu/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanah Abang Sukana akhirnya dicopot dari jabatannya. Sukana dicopot karena dianggap mengabaikan ketentuan protokol kesehatan (prokes) saat menjalankan tugas pencatatan pernikahan Najwa Shihab dan Muhamad Irfan di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu 14 November 2020 lalu. 

Sukana dimutasi sebagai penghulu di Kemenag Jakarta Pusat.

“Sukana mulai hari ini tidak lagi mendapat mandat tugas tambahan sebagai Kepala KUA. Sukana dimutasi sebagai penghulu di Kemenag Jakarta Pusat,” tutur Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin, Senin (23/11/2020).

Kamaruddin menjelaskan keputusan itu diambil setelah tim yang dibentuk Itjen Kemenag melakukan proses investigasi berkenaan insiden tersebut.

Baca juga: MUI Sesalkan Kerumunan Picu Klaster Covid-19

Ditegaskan keputusan tersebut sejalan dengan komitmen Menteri Agama Fachrul Razi yang memprioritaskan penerapan prokes jajaran Kemenag dalam bertugas.

“Kepala KUA Tanah Abang dinilai mengabaikan ketentuan terkait protokol kesehatan dalam tugasnya,” tandasnya.

“Padahal sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Nomor: P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 tanggal 10 Juni 2020 tentang Pelayanan Nikah menuju Masyarakat Produktif Aman Covid,” pungkasnya.

Selain Sukana yang dicopot dari jabatannya selaku Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanah Abang. Sebelumnya dua Kapolda yakni Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi serta Kapolres Jakarta Pusat juga dicopot dari jabatannya usai terjadinya kerumunan massa Habib Rizieq dalam peringatan Nabi Muhammad SAW di Petamburan dan Megamendung, Jawa Barat. Para petinggi di kepolisian tersebut dicopot karena dinilai tidak menegakkan protokol kesehatan covid-19. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0