Asik, Anies Pasang Akses WIFI Gratis di 9.000 Titik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menggratiskan akses WIFI bagi warganya.
Alamsyah - Nasional,Minggu, 25-10-2020 01:45 WIB
Asik, Anies Pasang Akses WIFI Gratis di 9.000 Titik
Anies Baswedan

Jakarta, Nusantaratv.com - Dengan program bernama JakWifi, Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan bakal menggratiskan akses WIFI bagi penduduk Jakarta. 

Fasilitas itu supaya memudahkan warga Jakarta mengakses internet di masa pandemi Covid-19 ini.

"Saat ini kami telah membangun lebih Wi-Fi publik gratis di 9.000 titik termasuk di gedung sekolah, gedung pemerintah, taman dan pusat komunitas untuk memudahkan masyarakat mengakses internet selama pandemi," ungkap Ketua TGUPP Provinsi DKI Jakarta Amin Subekti, Sabtu (24/10/2020).

Tujuan utama dari program JakWifi adalah untuk membantu para peserta didik yang sedang melakukan kegiatan belajar jarak jauh. Terutama untuk pelajar yang tidak memiliki atau kesulitan mendapatkan akses internet. 

Nantinya, siswa-siswi yang sudah terdaftar sebagai penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) akan didaftarkan oleh petugas untuk dapat mengakses jaringan JakWifi.

Ke depannya, fungsi JakWifi akan diperluas dan dapat digunakan oleh masyarakat untuk menunjang kegiatan-kegiatan lain seperti misalnya UMKM, membaca perpustakaan digital, komunikasi antar masyarakat, dan lain-lain.

JakWiFi bakal tersebar di 5 wilayah Kota dan 1 Kabupaten Administrasi. Saat ini, JakWiFi baru menyasar pada kawasan perkampungan padat penduduk sehingga banyak keluarga yang sebelumnya tidak mendapat akses kepada dunia daring bisa terhubung dengan dunia maya.

Tak hanya di daerah perkampungan, program JakWIFI bakal menyebar secara berkala ke berbagai titik di ibu kota. Lokasi-lokasi umum yang jadi sasaran seperti taman kota, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), serta gedung pemerintahan juga akan dipasang akses Wi-Fi.

Lebih dari 4.500 titik, dari target 9.413 titik di lima wilayah Kota Administratif DKI Jakarta serta Kabupaten Kepulauan Seribu menjadi lokasi Wi-Fi, sebagian besar di antaranya merupakan sekolah negeri dan swasta. Untuk meningkatkan aksesibilitas, layanan internet dalam program ini bakal selalu tersedia 24 jam dan bisa digunakan oleh siapa pun secara gratis. Titik-titik Wi-Fi terdekat bisa ditemukan melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI). 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0