Anies Perpanjang PSBB Transisi, Ini Penyebabnya..

PSBB transisi diperpanjang hingga 14 hari
Mochammad Rizki - Nasional,Kamis, 30-07-2020 19:50 WIB
Anies Perpanjang PSBB Transisi, Ini Penyebabnya..
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Ibu Kota. PSBB transisi diperpanjang hingga 14 hari ke depan.

"Dengan mempertimbangkan semua kondisi, maka kita memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB masa transisi ini di fase pertama untuk ketiga kalinya, sampai 13 Agustus 2020," ujar Anies, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Ini 613 Klaster Corona di Jakarta 

Anies menjelaskan, perpanjangan dilakukan lantaran kasus Covid-19 di Jakarta masih terus naik.

"Data-data menunjukkan bahwa ada kenaikan kasus di DKI Jakarta, dan kondisinya belum mengalami perbaikan, dari 2 minggu yang lalu sampai dengan sekarang bisa dibilang kondisinya relatif sama," kata dia. 

Adapun banyaknya kasus positif baru, menurut Anies lantaran pihaknya gencar melaksanakan tes. Kapasitas testing di Jakarta, kata dia empat kali lipat dari standar Badan Kesehatan Dunia (WHO). 

"Kondisi ini kita bisa ketahui dengan akurat karena Jakarta agresif dalam melakukan testing, tracing, dan juga treatment, ini 3T yang selalu kita pegang. Dalam satu pekan terakhir ini saja, kita melakukan tes terhadap 43.316 orang dan itu artinya 4 kali lipat dari standar yang ditetapkan oleh WHO untuk wilayah seukuran Jakarta," papar dia.

Mengacu hasil tes, laju kasus positif atau positivity rate di Jakarta mencapai 6,5 persen. Anies memastikan pihaknya bakal terus melakukan tes guna menemukan kasus-kasus baru di Jakarta. 

"Jadi dalam satu pekan terakhir ini angkapositivity rate kita adalah 6,5 persen, artinya persentase positif dari semua yang dites. Nah ini masih di atas standar ideal WHO, yaitu 5 persen. Jadi maksimalnya 5 persen dan kita adalah 6,5 persen, walaupun kita masih di bawah angka nasional, di mana positivity rate nasional dalam satu pekan terakhir adalah 13,6 persen," paparnya.

"Dengan perpanjangan PSBB masa transisi fase I ini artinya kegiatan yang selama ini berlangsung harus terus mengikuti protokol kesehatan yang ada. Pemprov DKI bersama dengan Kepolisian, TNI akan terus melakukan pemeriksaan, akan terus melakukan pendisiplinan, dan langkah-langkah tegas akan terus dilakukan oleh Pemprov DKI," imbuhnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0