Ahli: Potensi Penularan Corona di Bioskop Tinggi

Potensi penularan corona melalui udara begitu tinggi di bioskop
Mochammad Rizki - Nasional,Selasa, 21-07-2020 10:31 WIB
Ahli: Potensi Penularan Corona di Bioskop Tinggi
Ilustrasi pembukaan bioskop di tengah pandemi. (Reuters)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pembukaan bioskop dinilai ahli bisa meningkatkan penularan virus corona (Covid-19) melalui udara atau airborne. Mengingat, bioskop memiliki ruang tertutup.

"Apabila ada satu orang pengunjung saja tanpa gejala tapi mengandung Sars CoV (Covid-19), maka akan berpotensi menjadi sumber penyebaran virus kepada pengunjung lainnya," ujar Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Ari Fahrial Syam, Senin (20/7/2020). 

Baca juga: Lagi! Menteri di Brasil Tertular Corona 

Ruang bioskop yang tak memiliki ventilasi udara serta dilengkapi pendingin udara, bisa meningkatkan peluang penyebaran virus corona. Terlebih, durasi menonton film yang cukup lama, setidaknya lebih dari satu setengah jam.

Ari menuturkan, penularan itu bisa terjadi melalui aerosol yang bersifat infeksius serta terbawa angin. Penularan model ini sebelumnya telah dipastikan terjadi oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Aerosol kemudian dihirup oleh seseorang yang peka dengan dosis infeksi yang sampai saat ini belum diketahui. Namun SARS CoV dapat bertahan dalam keadaan hidup pada aerosol selama tiga sampai 16 jam tergantung suhu, kelembaban dan kepadatan orang," jelasnya. 

Pemeriksaan suhu dan kesehatan pengunjung bioskop sendiri, menurutnya tak sepenuhnya optimal menekan penyebaran virus di lokasi itu. Sebab, bisa saja terdapat pengunjung yang merupakan orang tanpa gejala (OTG). 

Ia memaparkan, seseorang bisa terinfeksi Covid-19, tapi tak memiliki gejala mulai dari satu hari hingga tiga minggu. Sehingga, mereka bisa menjadi sumber penularan di ruang publik.

"Seseorang yang tampak sehat tanpa keluhan tidak menjamin bebas dari SARS CoV. Orang tanpa gejala inilah yang bisa menjadi sumber penularan di komunitas," jelas Ari.

Bukan hanya bioskop, potensi penularan corona juga tinggi pada ruang tertutup atau orang berkumpul lainnya. Seperti saat berolahraga di ruang tertutup atau makan di restoran.

Risiko penyebaran semakin tinggi apabila ventilasi udara di ruang itu tak optimal, dan aktivitas berkumpul dilakukan dalam waktu. cukup lama.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebelumnya menunda pembukaan bioskop yang direncanakan pada 29 Juli 2020. Hal ini terjadi setelah kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi kembali diperpanjang.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0