Ada 9 Klaster Corona di Jakarta, Di Mana Saja?

Klaster ini muncul semasa PSBB transisi
Mochammad Rizki - Nasional,Rabu, 29-07-2020 14:36 WIB
Ada 9 Klaster Corona di Jakarta, Di Mana Saja?
Kota Jakarta. (Tempo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Setidaknya ada sembilan klaster penyebaran virus corona di Jakarta, semasa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Mulai dari area publik, pasien rumah sakit, perkantoran hingga rutan.

"Dari 4 Juni sampai 26 Juli kami punya kasus-kasus, pertama adalah menurut pasien yang datang dan dirawat di RS sebanyak 46,2 persen. Mereka adalah orang bergejala, lalu datang ke rumah sakit, dan ketika dites hasilnya positif," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, dalam konferensi pers virtual, Selasa (28/7/2020). 

Baca juga: Khofifah Klaim Puncak Corona Jatim Sudah Lewat 

Lalu, klaster pasien di komunitas sebanyak 4.120 kasus atau 34,7 persen. Klaster pasien komunitas ini, kata Widyastuti ialah hasil pencarian aktif oleh pihak puskesmas di seluruh DKI.

Selanjutnya klaster pekerja migran Indonesia menyumbang 6,3 persen kasus positif di Ibu Kota, atau sebanyak 749 kasus. 

"Pekerja migran ini warga negara Indonesia yang kembali ke Indonesia dari luar negeri dan harus transit di Jakarta dan datanya dititip di kami," jelas Widyastuti.

Dinas Kesehatan juga menemukan 547 kasus positif dari klaster pasar di sejumlah pasar Jakarta. Jumlah tersebut menyumbang 3,9 persen dari total kasus positif semasa PSBB transisi.

Lalu ada klaster perkantoran dengan 440 kasus positif atau 3,9 persen dari kasus positif, klaster pegawai kesehatan 350 kasus, dan klaster kegiatan keagamaan 108 kasus.

Kemudian ada klaster panti 29 kasus, serta klaster rutan sebanyak 20 kasus.

Sehingga, total kasus positif periode 4 Juni sampai Minggu 26 Juli sebanyak 11.838 kasus positif, yang berasal dari sembilan klaster.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0