Otto Hasibuan: Dengan MK Tak Ada Lagi Main Hakim Sendiri Soal Sengketa Pilkada

Peradi mendukung proses penyelesaian sengketa pilkada di MK
Mochammad Rizki - Nasional,Selasa, 10-11-2020 23:05 WIB
Otto Hasibuan: Dengan MK Tak Ada Lagi Main Hakim Sendiri Soal Sengketa Pilkada
Bimbingan teknis yang digelar DPN Peradi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi), Otto Hasibuan memandang penting keberadaan Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebab, melalui MK, para pihak yang tak puas terhadap hasil pilkada bisa menempuh proses hukum yang tersedia di lembaga tersebut.

Baca juga: Peradi Gelar Bimtek bagi Advokat yang Ingin Tangani Sengketa Pilkada 

"Dengan adanya Mahkamah Konstitusi ada forum untuk menyelesaikan perselisihan hasil pilkada orang tidak lagi eigenrichting artinya main hakim sendiri, tidak perlu demo-demo," ujar Otto di Sekretariat DPN Peradi, Grand Slipi Tower, Jakarta Barat, Selasa (10/11/2020).

"Tidak perlu merusak, ribut, ada forumnya," imbuh dia.

Lewat MK, kata Otto para pihak yang berselisih mengenai hasil pilkada bisa menempuh jalur hukum di institusi tersebut, yang sesuai perintah undang-undang (UU).

"Mahkamah Konstitusi telah membuktikan, dengan adanya saluran yang diberikan undang-undang untuk bisa menyelesaikan perselisihan itu. Nggak ada bagi pihak yang kalah umpamanya ribut-ribut, melakukan sesuatu perbuatan yang tidak sesuai dengan hukum. Itulah salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah itu," tutur Otto.

Peradi sendiri mendukung proses penyelesaian sengketa di MK berjalan baik. Caranya dengan membantu meningkatkan kapasitas para advokat yang berperkara di lembaga itu, terutama yang menangani sengketa dan perselisihan hasil pilkada.

Upgrade ini salah satunya cara dengan mengadakan bimbingan teknis bagi advokat-advokat anggota Peradi, yang salah satunya bertajuk 'Bimbingan Teknis Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Tahun 2020', yang digelar hari ini secara daring.

Kegiatan itu hasil kerja sama Peradi dengan MK.

"Ini perhatian luar biasa dari Mahkamah Konstitusi untuk semua masyarakat. Dengan adanya upaya dari Mahkamah Konstitusi memberikan kesempatan kepada advokat-advokat untuk mempelajari bimbingan-bimbingan teknis ini, ini kan artinya memberikan peningkatan kualitas advokatnya," tandas Otto.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0