Muannas Serahkan Barang Bukti Laporan Anji-Hadi

Barang bukti salah satunya transkrip rekaman video
Mochammad Rizki - Nasional,Rabu, 05-08-2020 18:03 WIB
Muannas Serahkan Barang Bukti Laporan Anji-Hadi
Hadi Pranoto (kanan).

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid menyerahkan barang bukti untuk laporannya terhadap musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dan Hadi Pranoto, Selasa (4/8/2020) malam. Barang bukti berupa satu USB berisi video wawancara Anji dengan Hadi Pranoto, beserta transkripnya. 

"(Transkrip) Ini akan kami coba pelajari," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Rabu (5/8/2020).

Baca juga: Hadi Pranoto Klaim Obat Corona-nya Dipesan Ratu Elizabeth II 

Dalam kasus ini, polisi berencana memeriksa dua saksi ahli. Antara lain ahli bahasa dan ahli kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

"Kami akan memeriksa saksi ahli bahasa karena masuk unsur persangkaan penyebaran berita bohong atau hoax," kata Yusri.

Polisi juga bakal memanggil Anji dan Hadi guna klarifikasi, dalam waktu dekat. Apabila seluruh keterangan lengkap, polisi akan melakukan gelar perkara guna menentukan ada-tidaknya unsur pidana yang dilanggar dalam kasus tersebut. 

Sebelumnya, Muannas melaporkan Anji dan Hadi Pranoto dengan tuduhan menyebar hoaks atau informasi bohong melalui sebuah video di kanal YouTube Dunia Manji. 

Keduanya disangka melanggar Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 45a Undang-Undang RI Nomor 19 tahun 2016 dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Muannas berpandangan, klaim Hadi dalam video ditentang akademisi, ilmuwan, IDI, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, orang berpengaruh, serta masyarakat luas. Pernyataan Hadi, menurutnya berpotensi memicu kegaduhan dan polemik di masyarakat.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0