KPK Ajak SFO Bongkar Kasus Korupsi Garuda Indonesia!

KPK bersedia siap membantu data yang diperlukan terkait dengan kasus itu. Karena, KPK tentu memiliki banyak data dan informasi...
Raymond - Nasional,Senin, 16-11-2020 12:49 WIB
KPK Ajak SFO Bongkar Kasus Korupsi Garuda Indonesia!
Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Satar

Nusantaratv.com - Plt juru bicara KPK Ali Fikri mengatakan, bahwa pihaknya terus melakukan pendalaman soal kasus korupsi di PT Garuda Indonesia. Adapun saat ini, lembaga antirasuah itu sedang melakukan kerjasama dengan lembaga anti korupsi dari Inggris yakni Serious Fraud Office (SFO).

Diketahui, mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Satar ditahan karena tuduhan suap dan pencucian uang terkait pembelian pesawat dari Airbus dan mesin dari Rolls-Royce. Selain hukuman delapan tahun, mantan eksekutif itu juga didenda Rp 2 miliar.

Ali menjelaskan, pihaknya mengusut kasus tersebut karena Emisyah diduga menyimpan sejumlah data terkait kasus suap itu.

"KPK bersedia siap membantu data yang diperlukan terkait dengan kasus itu. Karena, KPK tentu memiliki banyak data dan informasi terkait perkara yang pernah ditangani dalam perkara Emirsyah. Misalnya bukti transaksi keuangan dugaan suap dan dokumen-dokumen lainnya," tegasnya, hari ini di Jakarta.

Tentunya dalam hal ini, KPK juga melakukan kerjasama hukum dengan berbagai negara, mengingat beberapa kasus mega korupsi yang ditangani KPK mendapat bantuan dari sejumlah negara lain, dan salah satunya terkait data.

"Dalam perkara innospec juga dapat bantuan dari otoritas Inggris dan Singapura, termasuk dalam penanganan perkara E-KTP dan juga terakhir dalam perkara garuda dimana KPK mendapatkan dokumen DPA deferred procution aggreement dari SFO sehingga mmperkuat pembuktian di persidangan perkara itu," pungkasnya.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0