Berstatus Tersangka, KPK Belum Juga Tahan Wali Kota Zulkifli Adnan?

KPK melakukan pemanggilan ZAS wali kota Dumai periode 2016-2021 sebagai tersangka
Raymond - Nasional,Selasa, 17-11-2020 15:05 WIB
Berstatus Tersangka, KPK Belum Juga Tahan Wali Kota Zulkifli Adnan?
Zulkifli Adnan

Nusantaratv.com - Wali Kota Dumai Zulkifli Adnan Singkah (ZAS) diperiksa KPK hari ini terkait kasus dugaan suap kepada eks pejabat Kementerian Keuangan Yaya Purnomo. Adapun kehadiran Zulkifli saat ini telah menjadi tersangka.

"KPK melakukan pemanggilan ZAS wali kota Dumai periode 2016-2021 sebagai tersangka," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (17/11).

Kendsati memang telah berstatus sebagai tersangka, namun penyidik belum melakukan penahanan terhadap Zulkifli. "Yang bersangkutan sudah hadir di KPK dan masih dilakukan pemeriksaan oleh penyidik," sambung Fikri.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya sampai saat ini belum mengetahui materi yang ingin ditanyakan penyidik kepada Zulkifli. Namun, Fikri memastikan pihaknya akan membeberkan pengembangan kasus itu pada kesempatan yang lain. "Perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut," tutupnya.

Sebagai informasi, Zulkifli merupakan tersangka kasus dugaan suap pengurusan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Dumai Tahun Anggaran 2018.

Zulkifli Adnan diduga melakukan penyuapan, dan juga ditetapkan sebagai tersangka penerimaan gratifikasi. Dalam kasus suap pengurusan DAK Dumai, Zulkifli diduga memberikan suap Rp 550 juta kepada pejabat Kementerian Keuangan Yaya Purnomo. Yaya sendiri sudah divonis hukuman 6 tahun 6 bulan penjara dalam kasus pengurusan DAK ini. Sedangkan terkait gratifikasi, Zulkifli diduga menerima uang Rp 50 juta dan fasilitas kamar hotel di Jakarta.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0