Wapres Ma'ruf: Pemerintah Sedang Rancang Gerakan Wakaf Tunai

Gerakan ini didukung Jokowi
Mochammad Rizki - Nasional,Kamis, 22-10-2020 13:26 WIB
Wapres Ma'ruf: Pemerintah Sedang Rancang Gerakan Wakaf Tunai
Wapres Ma'ruf Amin. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah sedang menyusun gerakan yang mengampanyekan wakaf tunai. Gerakan ini diinisiasi Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Gerakan wakaf ini sedang kami rancang. Saya sudah bicara dengan Presiden. Presiden setuju kita akan melakukan gerakan nasional wakaf tunai," ujar Ma'ruf di 'Peringatan Hari Santri Nasional 2020', yang digelar secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Wapres Ma'ruf: Vaksinasi Sesuai Ajaran Islam 

Menurut Ma'ruf, gerakan wakaf tunai akan segera diluncurkan. Gerakan itu melibatkan banyak pihak. 

Seperti Presiden, Wakil Presiden, menteri, kepala daerah, seluruh pejabat, hingga Bank Indonesia (BI) serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami ingin membangun gerakan nasional wakaf tunai karena wakaf ini yang sebenarnya dalam Islam disebut pahala yang akan bertahan," tuturnya. 

Ma'ruf sebelumnya menyebut aktivitas wakaf di Tanah Air masih terbatas pada tujuan sosial.

Berdasarkan Sistem Informasi Wakaf Kementerian Agama RI tahun 2019, kata dia,  pengelolaan wakaf yang sebagian besar terdiri dari aset tak bergerak, belum banyak diarahkan untuk kegiatan produktif.

Padahal, menurutnya wakaf sebenarnya tidak harus berupa benda tidak bergerak seperti tanah, namun bisa juga berupa uang serta surat berharga.

Wakaf tunai (Cash Wakaf/Waqf al-Nuqud) sendiri, telah ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Ada jenis wakaf yang disebut sebagai wakaf tunai. Wakaf jenis ini masih belum dikenal di Indonesia, karena selama ini wakaf hanya dipahami sebatas wakaf tanah," kata dia, Rabu (21/10/2020).

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0