Tarif Tol Naik Saat Pandemi, Ini Dalih Pemerintah

Menteri PUPR memberikan penjelasan terkait kebijakan tersebut
Mochammad Rizki - Nasional,Senin, 16-11-2020 23:34 WIB
Tarif Tol Naik Saat Pandemi, Ini Dalih Pemerintah
Tol Layang Jakarta-Cikampek. (Liputan6.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sejumlah ruas tol bakal mengalami kenaikan tarif di tengah pandemi Covid-19. Antara lain Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) I pada ruas Akses Tanjung Priok (ATP), Tol Pondok Aren-Ulujami, hingga Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyebut kenaikan tarif tol sesungguhnya sudah mundur dari ketetapan yang seharusnya. 

Selain itu, menurutnya tak semua golongan mengalami kenaikan.

"Bukan hanya kenaikan, ada yang turun dan itu diintegrasikan golongan IV dan V turun. Ini sudah saya undur semua (kenaikan), kalau menurut undang-undang kan dua tahun naik atau disesuaikan dengan inflasi, tapi karena ada pandemi dan melihat situasi kita undur," ujar Basuki, Senin (16/11/2020).

Keputusan kenaikan tarif tol, kata dia juga telah didiskusikan bersama para pakar.

"Ini sudah oke kemudian jadi mungkin kita naikkan. Ini kita diskusi terus dengan para expert," jelas Basuki.

Seperti halnya kenaikan tarif Tol Japek, kata Basuki Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kenaikan tarif sebelumnya disebut akan berlaku sebelum 12 Desember 2020.

"Tarif Tol Layang Japek sedang disosialisasi oleh Jasa Marga dan BPJT karena memang diintegrasikan antara yang di atas sama bawah. (Diterapkan kapan) nanti kalau sudah disosialisasikan dengan baik," pungkas Basuki.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0