Tak Ada Jawaban Pasti, Nasib Jemaah Haji 2021 Masih Gelap?

Untuk saat ini pemerintah Indonesia belum mendapatkan kuota haji untuk pemberangkatan haji tahun 2021
Raymond - Nasional,Senin, 23-11-2020 17:25 WIB
Tak Ada Jawaban Pasti, Nasib Jemaah Haji 2021 Masih Gelap?
Menteri Agama Fachrul Razi

Nusantaratv.com - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sampai saat ini ternyata masih belum memberikan informasi dan keputusan soal kuota jemaah haji untuk Indonesia tahun 2021 mendatang. Sementara itu, Menteri Agama Fachrul Razi mengaku telah menanyakan hal tersebut pihak terkait.

Adapun yang dimaksud adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Nizar Ali dan Plt Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman saat berada di Arab Saudi beberapa hari lalu.

"Pada saat beberapa hari yang lalu Pak Nizar dan Pak Oman ke sana, pada saat ditanya jawaban mereka (Saudi) masih terlalu dini untuk berbicara tentang itu,” ujarnya, hari ini dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen.

Ia mengatakan, bahwa berdasarkan memorandum of understanding (MoU) untuk penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1441 H/ 2020M, kuota yang diberikan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia sebesar 221 ribu jemaah. 

Adapun kuota tersebut, menurutnya menjadi dua yakni jemaah haji reguler sebanyak 203.320 orang, dan haji khusus 17.680 orang. "Untuk saat ini pemerintah Indonesia belum mendapatkan kuota haji untuk pemberangkatan haji tahun 2021," sambungnya.

Fachrul juga menambahkan, calon jemaah haji yang akan diberangkatkan pada 2021, yaitu mereka yang sedianya berangkat pada musim haji 2020, dan telah melunasi BPIH namun tidak jadi berangkat karena pandemi Covid-19. "Serta belum melakukan pembatalan hajinya," pungkasnya.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0