Sindir Panglima TNI, Rizal Ramli: Mas Hadi Jangan Urusin Soal Sipil

Mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita harus mengakui bahwa media sosial telah dapat dimanfaatkan sebagai media propaganda,...
Raymond - Nasional,Senin, 23-11-2020 13:00 WIB
Sindir Panglima TNI, Rizal Ramli: Mas Hadi Jangan Urusin Soal Sipil
Dr. Rizal Ramli (istimewa)

Nusantaratv.com - Sikap TNI yang masuk ke dalam permasalahan di tingkat sipil terus menuai reaksi banyak pihak. Hal ini salah satunya adalah permasalahan penurunan baliho Habib Rizieq yang dianggap seharusnya bukan tugas TNI.

Selain itu, Panglima TNI juga sempat mengatakan, bahwa sejumlah isu hangat di media sosial akhir-akhir ini. Hadi menyinggung narasi yang membangun ketidakpercayaan terhadap pemerintah.

Hal ini ia sampaikan saat webinar 'Pelatihan Sinergi Anak Bangsa dalam Menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara dari Aksi Separatisme di Dunia Maya' seperti dalam keterangan tertulis Puspen TNI, Sabtu (21/11/2020).

Ia menyebut, saat ini banyak isu yang membuat masyarakat menjadi terpecah dan adanya ancaman separatisme dengan menggunakan media sosial yang bertujuan propaganda untuk memisahkan diri dari NKRI.

"Mau tidak mau, suka atau tidak suka, kita harus mengakui bahwa media sosial telah dapat dimanfaatkan sebagai media propaganda, media perang urat saraf. Sekarang kita mengenal hashtag, trending topic. Dahulu kita menyebutnya sebagai tema propaganda," tegasnya.

Menanggapi hal ini, mantan Menko Maritim Rizal Ramli mengaku heran dengan sikap Hadi Tjahjanto. Bahkan menurutnya, TNI terlalu tak seharusnya mengerjakan urusan sipil.

“Mas Hadi,, Panglima TNI,, ini mah sudah kejauhan Bukan tugas TNI ngatur dinamika masyarakat sipil. TNI perlu siapkan counter cyber war, untuk hadapi ancaman perang cyber dari negara2 lain. Bukan cawe2 urusan sipil,, aya2 wae Mas Hadi,” tegas Rizal singkat.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0