Sepekan di Tanah Air, ini Imbas Kepulangan Habib Rizieq

Habib Rizieq Shihab genap sepekan di Indonesia.
Alamsyah - Nasional,Selasa, 17-11-2020 06:50 WIB
Sepekan di Tanah Air, ini Imbas Kepulangan Habib Rizieq
Habib Rizieq pulang ke Indonesia

Jakarta, Nusantaratv.com - Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, hari ini genap sepekan berada di Indonesia. Kepulangan Rizieq dari Arab Saudi yang sangat dinantikan oleh laskar FPI serta sejumlah umat Islam, memberikan imbas besar terhadap masyarakat juga beberapa pejabat penting di negeri ini.

Imbas yang paling dirasakan yakni munculnya pemutasian Kapolri Jenderal Adham Azis terhadap Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana. Nana dicopot dari jabatannya karena tidak melaksanakan perintah terkait pengamanan protokol kesehatan. Pencopotan ini diduga juga merupakan buntut acara pernikahan putri Rizieq Shihab serta Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 November 2020 lalu.

Selain pencopotan Kapolda Metro Jaya, gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan juga akan diperiksa polisi terkait acara resepsi pernikahan putri pentolan FPI tersebut.

Anies menyatakan tindakannya tak membubarkan kerumunan dan hanya menjatuhkan denda sudah sesuai aturan. Ia bahkan mengklaim pihaknya sudah bertindak cepat atas peristiwa ini.

"Ketika terjadi pelanggar atas protokol kesehatan, maka pelanggaran itu ditindak sesegera mungkin. Dalam waktu kurang dari 24 jam, Pemprov DKI Jakarta menegakkan aturan," ujar Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 16 November 2020.

Imbas lainnya muncul pula perseteruan antara artis Nikita Mirzani yang sebelumnya merespon kepulangan Habib Rizieq dengan pengikut Rizieq. Aksi saling lapor terjadi setelah kedua pihak berseteruh.

Sebelum kepulangan Rizieq berimbas pada pejabat penting serta kalangan selebriti, kerugian dalam bentuk materi juga didapat pihak Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Saat para penjemput Rizieq membludag di area bandara, sejumlah fasilitas bandara rusak karena terinjak-injak.

Kerugian tersebut yakni rusaknya beberapa kursi tunggu di Terminal 3 kedatangan internasional. Kaki-kaki kursi patah sehingga kursi tidak mungkin bisa digunakan. Kaca pembatas di area terminal tiga juga retak. Gipsum pembatas area renovasi pun rusak.

Kerugian lain akibat kedatangan Rizieq Shihab yang disambut massa FPI dan umat Islam yaitu kemacetan total di sekitar area bandara. Lantaran macet itulah, dikabarkan banyak pilot yang gagal terbang. Para pilot tersebut terjebak macet saat hendak menunaikan tugasnya di bandara. Bukan hanya pilot, beberapa kru pesawat juga terjebak macet kala itu.

Kemacetan akibat membludaknya massa penjemput Rizieq Shihab juga menyebabkan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno harus naik ojek untuk mencapai bandara guna menunaikan tugasnya kepala daerah.

Sementara di luar bandara, terdapat juga anggota masyarakat yang harus mengembuskan nafas gegara ikut menunggu kehadiran Rizieq Shihab di kawasan Slipi, Jakarta Barat.

Anggota masyarat yang meninggal itu diketahui memang bukan laskar FPI atau massa pendukung, namun hanya seorang penjual ikan yang ingin melihat dari dekat sosok Rizieq Shihab.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0