RI Pertanyakan Sikap Inggris Soal Deklarasi Papua Merdeka

Dubes Inggris menjanjikan akan menyampaikan protes RI terkait hal ini. Duber Jenkins juga telah menegaskan posisi pemerintah...
Raymond - Nasional,Sabtu, 05-12-2020 10:55 WIB
RI Pertanyakan Sikap Inggris Soal Deklarasi Papua Merdeka
Benny Wenda

Nusantaratv.com - Pemerintah Indonesia mempertanyakan eksistensi Inggris dalam konteks politik terkait pernyataan Benny Wenda mengenai deklarasi kemerdekaan Papua Barat beberapa hari lalu. Pasalnya, langkah yang dilakukan Benny dinilai tidak mendapatkan respon yang jelas dari Inggris.

“Dubes Inggris menjanjikan akan menyampaikan protes RI terkait hal ini. Duber Jenkins juga telah menegaskan posisi pemerintah Inggris atas kedaulatan dan keutuhan NKRI,” ujar Juru bicara Kemenlu Teuku Faizasyah, dalam keterangan resminya hari ini.

Ia mengatakan, Kemenlu juga telah memanggil Duta Besar Inggris di Jakarta, yakni Owen Jenkins pada Jum’at (4/12) kemarin. Dimana pemanggilan ini dilakukan usai deklarasi yang disampaikan Benny Wenda.

Adapun dalam deklarasi tersebut, Benny mengatakan bahwa dirinya menjadi presiden Rakyat Papua sementara, dan tak akan tunduk dengan NKRI melalui situs resmi Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation  Movement for West Papua (ULMWP).

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0