Prabowo Sebut Pembangunan Apartemen Tidak Berguna Jika Pangan Rakyat tak Terpenuhi

Prabowo juga mengatakan ketahanan pangan bagi bangsa Indonesia sangatlah penting
Arfa Gandhi - Nasional,Jumat, 23-10-2020 22:05 WIB
Prabowo Sebut Pembangunan Apartemen Tidak Berguna Jika Pangan Rakyat tak Terpenuhi
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto / Foto: Harian Terbit

Nusantaratv.com - Pembangunan apartmen mewah disejumlah wilayah ternyata menjadi sorotan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Menurutnya, alih fungsi lahan di sejumlah wilayah Indonesia yang dibangun apartmen dinilai tak begitu berguna jika kebutuhan pangan rakyat tidak terpenuhi.

Ketua partai Gerindra itu juga menagskan, saat ini jumlah pertumbuhan penduduk di dunia makin bertambah. Tetapi, dari sisi pertanian kian menyusut.

Karena itu, ia mengatakan kalau masyarakat tidak bisa diberi makan semen ataupun beton.

"Jumlah pertumbuhan penduduk semakin meningkat sementara lahan pertanian malah menyusut karena masifnya alih fungsi lahan," kata Prabowo dalam Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-57 Fakultas Kehutanan UGM yang disiarkan virtual, Jumat (23/10/2020).

"Begitu banyak lahan pertanian yang berubah menjadi real estate, apakah kita bisa makan semen, apakah kita bisa makan beton, untuk apa menara apartemen real estate yang hebat kalau rakyat tidak bisa makan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Prabowo juga mengajak banyak orang untuk melihat kebelakang, dimana kala itu Belanda menjajah Indonesia karena tergiur dengan rempah-rempah yang ada di Tanah Air tercinta.

Saat ini juga banyak ahli pertahanan di dunia yang menyebut bakal ada yang memperebutkan potensi sumber daya alam, termasuk bahan pangan.

"Meskipun saat ini kita memang tidak dalam suasana perang. Namun, banyak ahli mempridiksi bahwa perang masa depan itu adalah perang menguasi sumber alam dan pangan," ungkapnya.

"Hal ini seakan memutar kembali jarum sejarah, bukankah kolonialisme bangsa eropa dahulu masuk ke indonesia pada awalnya untuk mencari komoditas pangan yakni rempah-rempah," jelasnya.

Karena itu, Prabowo juga mengatakan ketahanan pangan bagi bangsa Indonesia sangatlah penting. Bahkan, kedaulatan pangan nasional harus didukung oleh semua elemen Tanah Air.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0