Pilkada di Tengah Pandemi Corona, Yakin Bisa Tekan Angka Penyebaran Covid-19?

Mendagri mengajak semua pihak tetap berkontribusi dalam menyukseskan tahapan kampanye mendatang
Sarah Fiba - Nasional,Minggu, 27-09-2020 08:57 WIB
Pilkada di Tengah Pandemi Corona, Yakin Bisa Tekan Angka Penyebaran Covid-19?
(Tito Karnavian)

Nusantaratv.com - Penyelenggaraan Pilkada 2020 di tengah pandemi corona masih terus menuai reaksi banyak pihak. Namun tampaknya, pemerintah masih terus mengupayakan agar kontestasi kepala daerah tersebut tetap berjalan.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengimbau agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan menekan klaster baru Covid-19.

Sehingga tahapan pengundian nomor urut pasangan calon (Paslon) di 270 daerah telah terlaksana dan secara umum, aman, tertib dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Menko Polhukam lebih khusus tentunya kepada Kapolri, Panglima TNI, KSAD dan KPU, dan Bawaslu," ujar Tito dalam Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) secara virtual.

Selain itu, mantan Kapolri ini juga mengajak semua pihak tetap berkontribusi dalam menyukseskan tahapan kampanye mendatang yang akan dimulai pada Sabtu 26 September 2020 sampai 5 Desember 2020 atau 71 hari ke depan.

"Insya Allah kalau kampanye kerumunan sosial tidak terjadi maka ini tidak akan menjadi media penyebaran Covid-19. Untuk itu, mohon bantuan kepada jajaran Polri, TNI, KPU, Bawaslu, dan Satpol PP," jelasnya.

Tito juga terus meminta, agar sosialisasi 3M (memakai masker , mencuci tangan, dan menjaga jarak) bagi para paslon yang akan segera memasuki massa kampanye.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum telah membuat aturan bagi 741 paslon yang akan berkontestasi agar alat peraga yang akan dibagikan dapat mengutamakan alat-alat pelindung Covid-19, seperti masker, hand zaitizer, serta sabun, pelindung wajah, tempat cuci tangan, dan sarung tangan dengan mencantumkan gambar, nama atau nomor urut Paslon.

"Mohon dukungan semua pihak. Media kampanye ini diharapkan mendapatkan simpati publik tentang Pilkada ini sekaligus juga akan menjadi gerakan masif yang luar biasa untuk menekan Covid-19,” tutupnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0