Pelajar Asal Ngawi Ajukan Judicial Review UU Cipta Kerja ke MK!

Pemohon menilai Pembentukan UU Cipta Kerja tidak sesuai dengan pembentukan undang-undang seperti yang diatur dalam UU No....
Raymond - Nasional,Sabtu, 17-10-2020 01:30 WIB
Pelajar Asal Ngawi Ajukan Judicial Review UU Cipta Kerja ke MK!
Gedung Mahkamah Konstitusi

Nusantaratv.com - Seorang pelajar SMK Negeri 1 Ngawi, Jawa Timur melakukan gugatan soal UU Cipta Kerja yang disahkan DPR beberaoa waktu lalu. Adapun permohonan itu diajukannya bersama empat warga sipil asal Ngawi Jawa Timur. 

Diketahui. siswi SMK yang menggugat UU Cipta Kerja tersebut bernama Novita Widyana. Dia tercatat sebagai pemohon II dalam permohonan tersebut.

Menurut laman resmi mkri.id, pelajar yang mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut memang benar, merupakan seorang siswi SMK Negeri 1 Ngawi.

Sedangkan empat warga Ngawi lain adalah Hakiimi Irawan Bangkid Pamungkas (karyawan swasta), Elin Dian Sulistioyowati (mahasiswa Universitas Brawijaya), Alin Septiana (mahasiswa Universitas Negeri Malang), dan Alin Sujito (mahasiswa STKIP Modern Ngawi).

Dimana dalam permohonan bernomor tanda terima 2039/PAN.MK/X/2020, para pemohon mengajukan pengujian formil UU Cipta Kerja.

Pemohon menilai Pembentukan UU Cipta Kerja tidak sesuai dengan pembentukan undang-undang seperti yang diatur dalam UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, yang kemudian diubah dengan UU No. 15 Tahun 2019.

Dalam permohonan itu, para pemohon juga menegaskan bahwa "UU Cipta Kerja melanggar asas kejelasan tujuan, asas kesesuaian antara jenis, hierarki, dan materi muatan, asas kejelasan rumusan, dan asas keterbukaan".

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0