PAN Dukung RUU Miras, Tapi...??

Ketum (PAN) kami, sudah menyampaikan kemarin rapat pleno fraksi. Jadi suara partai nih, Bahwa PAN mendukung inisiatif teman-teman...
Raymond - Nasional,Rabu, 18-11-2020 09:15 WIB
PAN Dukung RUU Miras, Tapi...??
ilustrasi

Nusantaratv.com - Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan dukungannya soal Rancangan Undang-undang (RUU) Larangan Minuman Beralkohol (Minol) untuk disahkan menjadi Undang-undang (UU). Hal tersebut diperkuat dengan keputusan dalam rapat fraksi.

"Ketum (PAN) kami, sudah menyampaikan kemarin rapat pleno fraksi. Jadi suara partai nih, Bahwa PAN mendukung inisiatif teman-teman untuk ini menjadi UU yang bersifat lex generalis. Posisi UU ini lah Lex Generalis," ujar anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Ali Taher dalam rapat Baleg, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Kendati demikian, rencana tersebut juga diharapkan bisa melihat hak masyarakat, dalam konteks kultural dan lainnya.

"Saya ketika almarhumah Reni itu, berpidato beberapa tahun lalu menyatakan, ada 14.000 orang anak-anak di Jawab Barat mati sia-sia usia remaja karena meminum alkohol. Saya tersentak tapi tersontak. Tersentak itu kaget sesaat. Kalau tersontak itu kagetnya berkali-kali," tegasnya.

Ali Taher menambahkan, bahwa pandangan ini sebuah ikhtiar untuk membangun peradaban masa depan yang memanusiakan manusia. Membangun budaya berkarakter, membangun sisi kemanusiaan sisi spiritualitas yang mendalam dan aspek konsepsi ideal dari Pancasila.

"Oleh karena itu saya mohon maaf, mungkin agak terlampau berhati-hati saya bicara hari ini. Karena memang memandang rasa selurih anak bangsa ini supaya mengambil benang dalam tepung itu, terangkat benang tepung tak runtuh," pungkasnya.

Seperti diketahui, RUU Larangan Minuman Beralkohol diusulkan 21 anggota DPR, yaitu 18 orang dari Fraksi PPP, 2 orang dari Fraksi PKS, dan 1 orang dari Fraksi Gerindra. 

RUU Minol sebelumnya telah diusulkan sejak 2015, namun terus mengalami penundaan. RUU ini kembali masuk ke dalam daftar Prolegnas Prioritas 2020 sebagai usul inisiatif DPR.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0