Naik Pesawat Tak Perlu Rapid Test Lagi?

Kabarnya tes itu tak diberlakukan kembali
Mochammad Rizki - Nasional,Selasa, 04-08-2020 17:36 WIB
Naik Pesawat Tak Perlu Rapid Test Lagi?
Rapid test di bandara. (Tribun)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah dikatakan bakal menghapus syarat rapid test bagi calon penumpang pesawat. Informasi ini didapatkan dari salah satu sumber.

Hal itu sempat dibahas dalam rapat terbatas tentang Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang digelar di Istana Kepresidenan, Senin (3/8/2020). 

Baca juga: Persentase Angka Kematian Pasien Covid-19 RI Lebih Tinggi Dibanding Global 

Merespons kabar itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, menjelaskan jika persyaratan rapid test untuk naik pesawat ialah domain Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang kini telah menjadi Satgas Penanganan Covid-19.

"Persyaratan rapid test untuk naik pesawat merupakan kewenangan Kemenkes dan Ketua Gugus Tugas," kata Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas, dan Umum Ditjen Perhubungan Udara, Budi Prayitno, Selasa (4/8/2020).

Budi menjelaskan, persyaratan tersebut diatur melalui surat edaran (SE) yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yakni SE Gugus Tugas Nomor 7 Tahun 2020. 

Budi pun menegaskan, pihaknya akan tetap menjalankan aturan tersebut. 

"Itu diatur dengan SE yang mereka keluarkan. Kemenhub dalam hal ini Ditjen Hubud melaksanakan aturan tersebut," jelas Budi.

Menurutnya, selama SE tak dicabut, maka syarat perjalanan yang ada di dalamnya tetap akan berlaku.

"Selama tidak ada pencabutan (SE Gugus Tugas No. 7), persyaratan tersebut tetap dilakukan," tandas Budi. (Detik) 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0