Minta TNI-Polri dan Satgas Tindak Pelanggar Prokes, Jokowi: Jangan Hanya Imbauan!

Menurut Jokowi keselamatan rakyat saat ini merupakan hukum tertinggi
Mochammad Rizki - Nasional,Senin, 16-11-2020 18:16 WIB
Minta TNI-Polri dan Satgas Tindak Pelanggar Prokes, Jokowi: Jangan Hanya Imbauan!
Presiden Jokowi. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, menindak tegas pelanggaran protokol kesehatan (prokes). 

Ia tak ingin mereka hanya sebatas mengeluarkan imbauan menyikapi pelanggaran. 

 Baca juga: Copot 2 Kapolda, Kapolri Terkesan 'Cari Kambing Hitam' 

"Jadi jangan hanya sekadar imbauan, tapi harus diikuti dengan pengawasan dan penegakan aturan secara konkret di lapangan," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas guna membahas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (16/11/2020). 

Jokowi menegaskan, keselamatan rakyat di tengah pandemi Covid-19 merupakan hukum tertinggi. 

Karenanya, menurut dia penegakan disiplin terhadap protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan tegas.

"Saya ingin tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Pada masa pandemi ini telah kita putuskan pembatasan-pembatasan sosial termasuk di dalamnya adalah pembubaran kerumunan," kata dia.

Jokowi menjelaskan, penegakan disiplin protokol kesehatan harus dilakukan karena tidak ada satu pun orang yang memiliki kekebalan terhadap virus corona, serta bisa menularkan ke yang lainnya di dalam kerumunan.

Adapun setelah rapat, Menko Polhukam Mahfud Md menggelar jumpa pers terkait kerumunan saat pesta pernikahan putri pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat. 

Ia memastikan akan ada sanksi bagi aparat keamanan yang tak tegas menegakkan protokol kesehatan.

Setelahnya, Mabes Polri menggelar jumpa pers mengumumkan bahwa Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dicopot, karena dianggap tak melaksanakan perintah menegakkan protokol kesehatan. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0