Lapas Over Kapasitas, Komisi III DPR RI: Harus Jadi Perhatian Serius!

Ini Masalah yang Memang Harus Ditangani oleh Semua Penegak Hukum.
Adiantoro - Nasional,Kamis, 15-10-2020 11:21 WIB
Lapas Over Kapasitas, Komisi III DPR RI: Harus Jadi Perhatian Serius!
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Jumlah narapidana yang melebihi kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) harus menjadi perhatian seluruh aparat penegak hukum, tidak hanya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusi (Kemenkumham).

Masalah over capacity dan over crowded, harus menjadi perhatian. Ditambah lagi ada masalah lahan-lahan yang perlu dikoordinasikan dengan pemerintah kota dan pemerintah provinsi - kata Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI ke Provinsi Jawa Timur (Jatim) Adies Kadir, usai melakukan peninjauan dan pertemuan di Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Rabu (14/10/2020).

Dia menilai adanya kemungkinan mengurangi narapidana pengguna narkotika yang menghuni hampir 70 hingga 80 persen lapas.

Ini masalahnya memang harus ditangani oleh semua penegak hukum. Tidak bisa hanya bicara dengan Kemenkunham saja, ini kan bicara juga dengan BNN (Badan Narkotika Nasional), tokoh agama, bicara dengan Polisi sebagai penyidik penuntut dan lain lain - tambahnya.

Guna menyelesaikan persoalan over capacity dan over crowded Lapas, kata Adies, perlu ada pemikiran dari Kemenkumham, untuk dapat mengurangi para narapidana yang memang sudah harus dilepas atau yang pembinaannya sudah selesai untuk dapat segera dibebaskan.

Namun, diakui Adies, jika hal itu akan sulit terwujud. Mengingat dalam Peraturan Pemerintah Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan menyebutkan bahwa tidak ada pengampunan bagi extraordinary crime.

Hal inilah yang perlu dicarikan jalan keluarnya - tukas Adies.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0