Kehadiran Menlu AS Buka Peluang RI Keluar dari Tekanan China

Kemampuan mereka untuk melakukan tiap urusan dengan cara yang mereka inginkan di dalam negara mereka (yang) terus-menerus...
Raymond - Nasional,Jumat, 23-10-2020 09:01 WIB
Kehadiran Menlu AS Buka Peluang RI Keluar dari Tekanan China
Mike Pompeo

Nusantaratv.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo akan berkunjung ke Indonesia pekan depan. Adapun salat satu alasannya adalah kekhawatiran tentang pengaruh China di Indonesia.

Dilansir dari dilansir dari AFP, Kamis (22/10), Pompeo mengatakan, Pompeo menyatakan ia tahu orang Indonesia memiliki keinginan serupa dengan negara Asia Tenggara lainnya yakni Indo-Pasifik yang terbuka.

Negara-negara Asia Tenggara, kata dia, ingin memastikan "hak-hak dasar, hak maritim, hingga hak kedaulatan.

"Kemampuan mereka untuk melakukan tiap urusan dengan cara yang mereka inginkan di dalam negara mereka (yang) terus-menerus diancam oleh Partai Komunis China,” tegasnya.

Sementara itu menganggapi hal ini, anggota DPD RI Prof Jimly Asshiddiqie menilai kedatangan Pompeo merupakan peluang untuk menekan AS untuk melepas tekanan China kepada RI.

"Nanti setelah Menlu AS berkunjung, makin jelas gigihnya AS bujuk RI tidak berpihak ke RRC," tegasnya, kemarin di Jakarta.

Selain Indonesia, Pompeo juga akan mengunjungi India, Sri Lanka, Maladewa. Selain itu, sejumlah persiapan kunjungan Menlu Pompeo masih terus dibahas, termasuk oleh Menlu Retno Marsudi dan Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim.

Jimly menambahkan, bahwa kunjungan Pompeo ini justru bisa menjadi peluang emas bagi Indonesia untuk memberikan tekanan kepada Negeri Paman Sam. 

"Peluang emas untuk tekan AS agar teken persetujuan pindahkan pabrik-pabrik industrinya dari China ke Indonesia. Bila perlu buat UU/Perppu khusus untuk kemudahan investasi mereka. Bisa jadi UU Ciptaker tidak relevan," tutupnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0