KBRI Port Moresby Pulangkan 818 WNI

Para WNI yang Kembali Kebanyakan Karena PHK atau Habis Masa Kontrak Kerjanya.
Adiantoro - Nasional,Jumat, 20-11-2020 12:40 WIB
KBRI Port Moresby Pulangkan 818 WNI

Jakarta, Nusantaratv.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Port Moresby membantu proses pemulangan 127 WNI (warga negara Indonesia) ke Tanah Air pada Rabu (18/11/2020).

Dikutip dari laman kemlu.go.id, Jumat (20/11/2020), Duta Besar RI untuk Papua Nugini dan Kepulauan Solomon, Andriana Supandy mengingatkan agar para WNI terus melakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19 dan mematuhi himbauan Pemerintah hingga sampai di daerah asal mereka masing-masing.

Dubes Supandy juga menyampaikan apresiasi kepada para WNI yang telah menjaga nama baik Indonesia selama tinggal dan bekerja di Papua Nugini (PNG).

Sejak terjadinya pembatasan rute penerbangan dari dan menuju Papua Nugini pada Maret 2020, KBRI Port Moresby secara total telah memfasilitasi kepulangan 615 WNI dari berbagai wilayah di Papua Nugini melalui 15 kali program repatriasi mandiri.

Repatriasi dari Papua Nugini dilaksanakan melalui dua rute, yaitu rute alternatif Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw-Wutung atau melalui penerbangan khusus menggunakan pesawat charter.

Selain itu, KBRI Port Moresby juga telah melaksanakan dua kali repatriasi mandiri untuk memfasilitasi kepulangan 203 WNI dari wilayah Kepulauan Solomon. Sehingga total WNI yang telah direpatriasi dari kedua negara sahabat tersebut berjumlah 818 orang.

Para WNI yang kembali kebanyakan karena mengalami PHK (pemutusan hubungan kerja) atau habis masa kontrak kerjanya dan tidak diperpanjang karena dampak ekonomi Covid-19. Beberapa lainnya mengalami sakit keras dan harus dirawat ke Indonesia atas permintaan keluarga. 

Para WNI yang kembali umumnya bekerja pada sejumlah sektor di antaranya kehutanan, pertambangan, perkebunan, kelautan, konstruksi, perhotelan dan restoran.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0