Jokowi: Saya Yakin Wabah Corona Hanya Sampai Akhir Tahun

Jokowi meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersiap memanfaatkan peluang setelah wabah corona
Mochammad Rizki - Nasional,Kamis, 16-04-2020 14:51 WIB
Jokowi: Saya Yakin Wabah Corona Hanya Sampai Akhir Tahun
Presiden Jokowi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis wabah virus corona di Indonesia termasuk di seluruh dunia, berakhir pada akhir tahun ini. Karenanya pada 2021, ia memprediksi wisatawan ke Indonesia meningkat setelah warga di seluruh dunia mengalami masa mencekam dan karantina akibat covid-19.

Baca juga: Ridwan Kamil: KRL Jabodetabek Disetop 18 April 

"Saya meyakini ini hanya sampai akhir tahun. Tahun depan booming di pariwisata. Semua orang pengin keluar semua orang ingin menikmati kembali keindahan pariwisata sehingga optimisme itu yang harus terus diangkat," ujar Jokowi dalam pengantar rapat terbatas (ratas) mitigasi dampak covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kamis (16/4/2020).

Jokowi tak ingin pesimisme terhadap pandemi corona berdampak pada tak dimanfaatkannya lonjakan wisatawan tahun 2021 usai wabah berakhir.

Terlebih, pemerintah sudah menyiapkan destinasi wisata unggulan, seperti Danau Toba dan Labuan Bajo.

"Jangan sampai nanti kita terjebak pada pesimisme karena masalah COVID-19 ini sehingga booming yang akan muncul setelah covid-19 ini selesai tak bisa kita manfaatkan secara baik," tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta adanya program mitigasi perlindungan sosial bagi pekerja di sektor pariwisata serta realokasi anggaran di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk padat karya bagi mereka.

"Kemudian kedua juga realokasi anggaran yang ada dari Kementerian Pariwisata (dan Ekonomi Kreatif) harus diarahkan semacam program padat karya tunai bagi pekerja-pekerja bergerak di bidang pariwisata," tandas mantan Wali Kota Solo.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcache' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: