Jika Ini Tak Dilakukan, yang Tertular Corona RI Bisa 200 Ribu Orang

Saat ini lebih dari 100 ribu orang di RI tertular corona
Mochammad Rizki - Nasional,Rabu, 29-07-2020 21:31 WIB
Jika Ini Tak Dilakukan, yang Tertular Corona RI Bisa 200 Ribu Orang
Ilustrasi peta Indonesia. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Orang yang tertular virus corona di Indonesia bisa tembus 200 ribu. Hal ini diperkirakan bakal terjadi jika tak ada sanksi tegas yang dijatuhkan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Pemerintah dinilai tak bisa lagi hanya sebatas memberikan imbauan dalam pelaksanaan protokol pencegahan penularan virus corona, semasa new normal atau kehidupan normal baru.

Baca juga: Kasus Corona di Jakarta Kian Tinggi, Ini Penjelasan Anies 

"Kalau tidak ada sanksi yang tegas ya sama saja. Jangan berupa imbauan-imbauan lagi karena kalau masyarakat tidak tertib kasus positif Covid-19 bisa sampai 200 ribu lebih," ujar Ketua Fraksi NasDem DPR RI, Ahmad Ali, Rabu (29/7/2020).

Ali menuturkan, negara-negara di kawasan Asia saat ini sedang menghadapi ancaman gelombang baru penularan corona, pasca wabah sempat mereda. Indonesia,kata dia juga terancam menghadapi gelombang tersebut.

Ali pun menyoroti lonjakan kasus positif Covid-19 di kawasan perkantoran. Hal itu terjadi, menurutnya karena masih kurangnya disiplin dan konsistensi masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Ketika di kantor tidak ada pengawasan dan tidak saling mengingatkan maka virus korona akan mudah menular," kata dia.

Atas itu ia meminta pemerintah lebih tegas kepada siapapun yang melanggar protokol kesehatan.

"Kalau mal dan area publik lainnya ada yang mengawasi, lalu siapa yang mengawasi kantor-kantor? Siapa yang bisa menjamin pusat-pusat perkantoran menerapkan ketentuan 50 persen kapasitas ruang kantor harus kosong?" jelasnya.

Diketahui, sebanyak 104.432 orang di Indonesia tertular corona, per Rabu (29/7/2020). Dari jumlah tersebut, 62.138 orang dinyatakan pulih dan 4.975 orang meninggal dunia akibat Covid-19. (CNNIndonesia.com)

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0