Jelang Akhir Tahun BNPB Catat Ribuan Bencana Hantam Indonesia

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mencatat adanya ribuan bencana alam menghantam Indonesia.
Alamsyah - Nasional,Senin, 19-10-2020 06:30 WIB
Jelang Akhir Tahun BNPB Catat Ribuan Bencana Hantam Indonesia
Bencana alam banjir

Jakarta, Nusantaratv.com - Melansir dari situs resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 2.276 bencana alam terjadi di seluruh wilayah Indonesia sepanjang Januari hingga 17 Oktober 2020.

Berdasarkan laporan dari akun resmi Twitter BNPB per Sabtu lalu, mayoritas bencana tersebut merupakan bencana hidrometeorologi atau bencana yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi atau alam.

Seperti halnya bencana banjir yang mendominasi beberapa hari ke belakang, yang tercatat ada sebanyak 827 kejadian, disusul dengan angin puting beliung 637 kejadian, dan longsor 416 kejadian.

Dari ribuan bencana yang tercatat telah menyebabkan 4.5 juta orang terdampak dan harus mengungsi, 307 jiwa meninggal dunia, 25 orang hilang, serta 469 orang mengalami luka-luka.

Selain itu, menyebabkan 35.176 rumah rusak dengan skala ringan hingga berat dan sedikitnya 1.481 fasilitas umum juga terdampak.

Kemudian bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tercatat terjadi sebanyak 321 kejadian, lima kali erupsi gunung api.

Kepala BNPB Doni Monardo meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk bersiap siaga dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan longsor seiring memasuki musim penghujan.

"Lakukan langkah persiapan, apel siap siaga setiap hari, cek perahu, cek tenda, obat-obatan, makanan siap saji, keperluan ibu hamil dan anak balita, selimut dan lain-lain. Siapkan lebih awal," kata Doni, mengutip pikiran-rakyat.com.

Dia menjelaskan saat ini sedang terjadi anomali cuaca di mana curah hujan menjadi lebih banyak dan lebih cepat jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Kepala BNPB juga mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di daerah dekat aliran sungai agar waspada bila mendapat informasi mengenai adanya banjir di daerah hulu sungai.
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0