Ini Penyebab Ketua LMND Palembang Jadi Tersangka Usai Demo UU Ciptaker

Persoalan terjadi saat Amir dan sejumlah pelajar hendak berunjuk rasa
Mochammad Rizki - Nasional,Selasa, 13-10-2020 12:31 WIB
Ini Penyebab Ketua LMND Palembang Jadi Tersangka Usai Demo UU Ciptaker
Aksi unjuk rasa LMND. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Kota Palembang, Amir, ditetapkan polisi sebagai tersangka.

Pemuda 24 tahun menyandang status tersebut, lantaran dianggap melawan polisi jelang aksi menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) di wilayah itu.

Baca juga: Prabowo Tuding Ada Kekuatan Asing dalam Aksi Penolakan UU Cipta Kerja 

"Kami terapkan pasal pidana 212 dan 213 KUHP. Am kami tetapkan tersangka karena tidak mengindahkan perintah petugas saat sedang pengamanan," ujar Kapolrestabes Palembang Kombes Anom Setyaji, Selasa (13/10/2020).

Kasus ini bermula saat anggota Unit Ranmor Satuan Reskrim Polrestabes Palembang melakukan penyekatan massa di Stadion Kamboja Ilir Timur I, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Petugas lalu menyaksikan banyak pelajar di bawah umur berseragam sekolah yang hendak turut aksi. Tindakan pun diambil. 

"Saat petugas melakukan penertiban anak-anak sekolah, kemudian tersangka inisial Am menghentikan tindakan polisi. Anggota sudah ingatkan karena Am ini tidak dalam salah satu yang diperiksa atau ditertibkan," tutur Anom.

Tak terima terhadap tindakan polisi, Amir meminta massa terus melanjutkan perjalanan ke DPRD Sumatera Selatan yang merupakan titik kumpul aksi. Di momen itulah terjadi gesekan antara Amir dengan petugas. 

"Sudah dijelaskan, si tersangka melakukan pemaksaan. Bahkan hingga terjadi luka di salah satu anggota kepolisian. Ada barang bukti almamater, TOA, dan kita periksa saksi-saksi," papar Anom.

Berdasarkan barang bukti tersebut, Amir ditetapkan sebagai tersangka.

"Keterangan sesuai BAP, dia bukan mahasiswa. Ini keterangan dia, jadi saya tidak lihat profesi, kita sampaikan sesuai keterangan. Tempat kejadian di depan Stadion Kamboja, Ilir Timur I Palembang," jelas Anom.

Sementara, Ketua Umum LMND M Asrul, menegaskan Amir merupakan Ketua LMND Palembang. Bahkan, hal itu sudah disampaikan Amir saat pertama kali hendak diamankan petugas.

"Sudah jelas dari awal dibilang kalau Bung Amir Ketua LMND Palembang. Jadi siapa bilang bukan ketua? Tapi memang dia baru lulus kuliah. Di mana salahnya?" tandas Asrul. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0