Hari Ini, MK Gelar Sidang Gugatan UU Cipta Kerja

Dalam Sidang Gugatan Ini, KSPI Akan Didampingi Kuasa Hukum Hotma P.D Sitompoel.
Adiantoro - Nasional,Selasa, 24-11-2020 08:10 WIB
Hari Ini, MK Gelar Sidang Gugatan UU Cipta Kerja
Ilustrasi. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Mahkamah Konstitusi (MK) bakal menggelar sidang uji materi Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Ciptaker), pada Selasa (24/11/2020). Permohonan uji materi diajukan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, yang diwakili oleh Ir. Said Iqbal, M.E., selaku Presiden Dewan Eksekutif Nasional dan Ramidi, selaku Sekretaris Jenderal; dkk - demikian seperti dikutip dari laman resmi MK, Selasa (24/11/2020).

Sidang gugatan KSPI yang terdaftar dengan Nomor 101/PUU-XVIII/2020 itu akan dihelat pada pukul 11.00 WIB. Sedangkan agenda sidang yakni pemeriksaan pendahuluan. Dalam sidang gugatan ini, KSPI akan didampingi kuasa hukum Hotma P.D Sitompoel.

Selain gugatan KSPI, MK juga akan menghelat sidang uji materi UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta kerja dengan pemohon Hakiimi Irawan Bangkid Pamungkas, Novita Widyana, Elin Dian Sulistiyowati, Alin Septiana, dan Ali Sujito.

Dimana agenda sidang yakni perbaikan permohonan ini akan dihelat pada pukul 14.00 WIB. Perkara tersebut terdaftar dengan nomor 91/PUU-XVIII/2020. Dan, para penggugat didampingi kuasa hukum bernama Viktor Santoso Tandiasa.

Sebelumnya, Aliansi buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia resmi mendaftarkan gugatan judicial review atau uji materi terhadap UU Ciptaker ke MK. Omnibus Law UU Ciptaker resmi berlaku sejak 2 November 2020.

KSPI menilai UU Ciptaker merampas masa depan buruh Indonesia. Di sisi lain, para buruh juga memastikan akan mengawal secara penuh sidang gugatan terhadap UU Ciptaker dan terus melakukan kampanye baik secara nasional maupun internasional.


 


 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0