Ferdinand Komporin Tito Copot Anies

Ferdinand Hutahaean Menilai Anies Baswedan Melanggar UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
Adiantoro - Nasional,Kamis, 19-11-2020 09:10 WIB
Ferdinand Komporin Tito Copot Anies
Gubernur DKI Anies Baswedan. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Terdapat pelanggaran protokol kesehatan saat acara pernikahan putri keempat Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, Syarifah Najwa Shihab dan Irfan Alaidrus, di Petamburan, Jakarta Pusat (Jakpus), pada Sabtu (14/11/2020).

Selain itu, pada saat yang sama, Habib Rizieq juga menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang menghadirkan lautan massa. Menyikapi hal itu, Direktur Energy Watch Indonesia, Ferdinand Hutahaean mendesak, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian agar mencopot Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dia menilai Anies melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, karena telah melanggar sumpah janji kepala daerah dalam melindungi setiap warganya di tengah pandemi Covid-19.

Kehadiran Anies ke kediaman Habib Rizieq pada saat malam hari memberi kesan politik tidak ada pelanggaran disitu (protokol kesehatan) - ujar Ferdinand, dikutip dari RRI, Kamis (19/11/2020).

Sebaiknya Anies dinonaktifkan atau diberhentikan sebagai Gubernur oleh Mendagri, karena memimpin rakyat sangat tidak layak - tukas Ferdinand.

Disebutkan pada Pasal 78 ayat (2) UU Pemda, berdasarkan diktum keempat Instruksi Mendagri, kepala daerah dapat diberhentikan salah satunya jika dinyatakan melanggar sumpah/janji jabatan kepala daerah/wakil kepala daerah.

Diketahui, Anies telah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 9,5 jam di Polda Metro Jaya, pada Selasa (17/11/2020). Dia diminta klarifikasi oleh polisi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di acara pernikahan putri petinggi FPI Rizieq Shihab, akhir pekan lalu.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0