Fanatisme Habib Rizieq, Bikin Dua Kapolda Tumbang

Menangani Kerumunan Massa Simpatisan Habib Rizieq Tak Mudah Seperti Membalikkan Telapak Tangan.
Adiantoro - Nasional,Rabu, 18-11-2020 09:40 WIB
Fanatisme Habib Rizieq, Bikin Dua Kapolda Tumbang
Habib Rizieq Shihab. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya. Mereka dinilai lalai dalam menegakkan protokol kesehatan terhadap massa pendukung Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Pada saat kepulangan Habib Rizieq ke Tanah Air pada Selasa (10/11/2020), lautan massa menyambut kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Begitu juga ketika Habib Rizieq menggelar pernikahan putri keempatnya, Syarifah Najwa Shihab dengan Irfan Alaidrus sekaligus perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Sabtu (14/11/2020), massa tumpah ruah di kediaman Habib Rizieq di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat (Jakpus).

Baca Juga: Efek Kepulangan Habib Rizieq, FH: Negara Jangan Kaget

Menanggapi hal itu, Pakar Hukum Tata Negara dari Universitas Parahyangan (Unpar), Bandung, Asep Warlan menegaskan, menangani kerumunan massa simpatisan Habib Rizieq tak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Menurutnya, hal itu dikarenakan para pendukung bergerak atas dasar fanatisme.

Karena mereka fanatik. Beda halnya dengan pendukung Pilkada karena jelas siapa penanggung jawabnya. Kalau mereka, siapa yang bisa dipegang - ujar Asep, dikutip dari KBRN, Rabu (18/11/2020).

Diketahui, akibat dari pelanggaran protokol kesehatan, Kepala daerah di dua provinsi, yakni DKI Jakarta dan Jabar tak lepas dari sorotan. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diperiksa oleh Polri pada Selasa (17/11/2020).

Sedangkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga disorot karena dianggap tumpul dalam menertibkan kerumunan di massa pandemi Covid-19. Kerumunan massa membanjiri kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jabar, saat Habib Rizieq melakukan pelatakan batu pertama pembangunan masjid di Pesantren Alam dan Agrokultural Markaz Syariah pada Jumat (13/11/2020).

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0