Dukung UU Ciptaker, Kadin: Lihat Orang yang Belum Kerja!

Menurut Rosan belum ada yang menyuarakan kepentingan pengangguran
Mochammad Rizki - Nasional,Kamis, 15-10-2020 14:27 WIB
Dukung UU Ciptaker, Kadin: Lihat Orang yang Belum Kerja!
Rosan P. Roeslani. (Prestige)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani memandang Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) bisa menghadirkan lapangan kerja yang berkualitas, serta merangsang lahirnya usaha-usaha baru.

"Semua pihak harus melihat kepentingan secara luas bukan kepentingan pengusaha atau pekerja saja, tetapi juga kepentingan orang yang tidak atau belum bekerja. Selama ini belum ada pihak yang menyuarakan kepentingan pengangguran," ujar Rosan, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Ogah Bahas Aturan Turunan UU Ciptaker, KSPI Lebih Pilih Cara Ini 

Rosan menilai, UU tersebut ada guna meningkatan kompetensi pencari kerja, kesejahteraan pekerja, serta mewujudkan lapangan kerja yang berkualitas.

Omnibus law juga dianggap menjadi salah satu jawaban atas kendala utama pertumbuhan ekonomi selama ini, lantaran banyaknya regulasi yang tumpang-tindih serta sebagian saling bertentangan.

"Bagaimanapun, penciptaan lapangan kerja harus dilakukan, yakni dengan mendorong peningkatan investasi sebesar 6,6 persen sampai 7 persen untuk membangun usaha baru atau mengembangkan usaha existing," tuturnya.

UU Ciptaker, kata dia juga bisa mendukung program pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi. Sehingga, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat.

Rosan berharap, regulasi itu mampu memperbaiki iklim usaha di Indonesia, sehingga lebih kondusif.

Apalagi berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), kata dia investasi meningkat setiap tahunnya. Tapi, penyerapan tenaga kerja masih rendah.

Hal ini terjadi, menurutnya lantaran investor di sektor manufaktur lebih memilih negara-negara tetangga yakni Malaysia, Thailand serta Vietnam, saat menanamkan modalnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0