Diprotes! Gubernur NTT Malah Bilang Proyek Jurassic Park Untungkan Komodo??

Pembangunan jalan terus, itu kan bagus untuk rakyat, bagus untuk Nusa Tenggara Timur,
Raymond - Nasional,Kamis, 29-10-2020 14:34 WIB
Diprotes! Gubernur NTT Malah Bilang Proyek Jurassic Park Untungkan Komodo??

Nusantaratv.com - Banyak pihak yang menilai bahwa pembangunan salah satu kawasan super prioritas nasional (KSPN) di Loh Buaya, Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur merugikan habitat Komodo. Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan hal yang sebaliknya.

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, menilai pembangunan yang geo park yang ke depan akan diberi nama Jurassic Park itu justru akan melindungi hewan tersebut juga wisatawan yang berkunjung.

"Pembangunan jalan terus, itu kan bagus untuk rakyat, bagus untuk Nusa Tenggara Timur, kan bagus pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah pusat," kata Viktor usai memimpin upacara peringatan hari sumpah pemuda, Rabu (28/10) kemarin.

Ia menjelaskan, bahwa kondisi Pulau Rinca saat ini sangat berbahaya untuk pengunjung. Sehingga konsep baru nanti akan membuat pengunjung lebih nyaman dan aman.

"Kalau sekarang orang jalan sembarangan kan berbahaya dan segala macam. Dia akan didesain agar manusia itu terpisah dengan Komodo dan yang lainnya, sehingga mereka aman dan Komodo tidak terganggu. Desainnya seperti itu," jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, proyek tersebut ramai dibicarakan di sosial media. Bahkan dalam beberapa hari ini terlihat di sosial media seekor komodo menghadang sebuah truk proyek pembangunan area tersebut.

Namun demikian, Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) memastikan pembangunan di Loh Buaya, Pulau Rinca yang masuk dalam kawasan taman nasional (TN) Komodo dilakukan dengan sangat hati-hati dengan mempertimbangkan keamanan dari satwa Komodo.

Direktur Utama BOPLBF Shana Fatinamengatakan pemerintah sangat peduli terkait pelaksanaan pembangunan di zona pemanfaatan Loh Buaya, Pulau Rinca. Dia memastikan pembangunan proyek tersebut sangat hati-hati dan memperhatikan kelestarian komodo.

"Pembangunan di Loh Buaya dilakukan dengan sangat hati-hati. Setiap pagi dilakukan briefing terkait keamanan dan keselamatan baik untuk para pekerja, dan juga yang paling penting adalah keamanan satwa yang ada di Loh buaya, agar jangan sampai ada satwa terganggu, sangat hati-hati dengan api," ujarnya, kemarin.

Kelompok dari Kawan Baik Komodo angkat bicara terkait masalah yang tengah terjadi di Pulau Rinca, Kawasan Taman Nasional Komodo. Dimana sebelumnya, sejumlah aktivis yang ada di lapangan saat ini dilarang mengambil dan menyebarluaskan foto pembangunan proyek ‘Jurrasic Park’ di sana.

Melalui akun Twitter resmi @KawanBaikKomodo, para aktivis menyebutkan, bahwa Taman Nasional Komodo tidak sedang baik-baik saja. "Breaking news! Sejak viralnya foto Komodo vs Truck Proyek, Kepala BTNK keluarkan surat penutupan P Rinca," tulisnya, beberapa hari lalu.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0