Demi Vaksin Corona, Menlu Retno dan Menteri BUMN ke London

Dengan Covax Facility Membuat Negara-Negara Dapat Menjamin Ketersediaan Vaksin Covid-19 Dalam Kerangka Kerja Sama Multilateral.
Adiantoro - Nasional,Senin, 12-10-2020 09:13 WIB
Demi Vaksin Corona, Menlu Retno dan Menteri BUMN ke London
Menlu Retno Marsudi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perjalanan ke Inggris dan Swiss. Mereka akan membicarakan kerjasama vaksin multilateral.

Dalam pertemuan di Kota London, Bern, dan Jenewa tersebut, juga turut dihadiri tim dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Tujuan utama pertemuan ini adalah membicarakan serta mengamankan komitmen dari sumber lain untuk vaksin Covid-19 dalam rangka kerja sama vaksin bilateral - ujar Menlu Retno Marsudi dalam press briefing singkat beberapa jam sebelum penerbangannya, Senin (12/10/2020) pagi. 

Selama kunjunganya tersebut, mereka akan melakukan pertemuan dan diskusi dengan Dirjen WHO, GAVI (Global Alliance for Vaccines and Immunisation), dan CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovations) dalam kerangka Covax Facility.

Sedangkan tujuan lain dari pertemuan tersebut yakni mendorong penguatan kerja sama untuk jangka menengah dan jangka panjang antara PT Bio Farma (Presero) dengan mitranya di luar negeri.

Menlu Retno Marsudi juga menyebut pihaknya akan melakukan pertemuan diplomatik dengan Menlu Inggris dan Wakil Presiden Swiss. Dia juga mengungkapkan akan menemui beberapa perusahaan dari Swiss.

Diketahui, Indonesia telah bergabung dalam kerja sama Covax Facility, yakni wadah kerja sama yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari berbagai negara guna mengembangkan vaksin Covid-19. Dengan adanya Covax Facility, negara-negara dapat menjamin ketersediaan vaksin dalam kerangka kerja sama multilateral.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0