Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, RS Diminta Tambah Ruang Perawatan

Kapasitas RS masih siap menampung lonjakan 20-50 persen kasus Covid-19
Mochammad Rizki - Nasional,Minggu, 22-11-2020 20:58 WIB
Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, RS Diminta Tambah Ruang Perawatan
Perawatan pasien Covid-19. (AP)

Jakarta, Nusantaratv.com - Guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta rumah sakit (RS) menambah ruang perawatan.

Tujuannya untuk mengantisipasi kenaikan kasus positif baru, apabila meningkat 50 sampai 100 persen.

Baca juga: Nyaris 500 Ribu Orang di RI Tertular Corona! 

"Kemenkes sebagai langkah antisipasi lonjakan pasien Covid-19 kami telah menyiapkan sejumlah langkah-langkah antisipasi berupa penyiapan sarana dan pra sarana di RS," ujar Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir, yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Minggu (22/11/2020).

Meski begitu, menurutnya saat ini kapasitas rumah sakit di Indonesia masih bisa menampung pasien Covid-19 jika terjadi kenaikan kasus sebesar 20-50 persen.

Namun apabila lebih dari itu, maka RS diminta meningkatkan kapasitas ruang perawatannya.

"Sampai saat ini ketersediaan ruang perawatan di RS baru sekitar 50 persen. Namun demikian bilamana terjadi kenaikan pasien hingga 50-100 persen, maka Kementerian Kesehatan telah memerintahkan kepada semua rumah sakit untuk melakukan penataan tempat tidur dengan menambah kapasitas ruang perawatan pasien Covid-19 tentunya menambah ruang isolasi dan juga menambah ruang ICU," papar Abdul.

Di samping itu, kata dia ketersediaan dan stok obat, serta ketersediaan peralatan kesehatan masih cukup.

Abdul pun meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan 3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Saya kira ini penting bagi kita semua untuk memutus rantai penularan Covid-19 dan tentunya kita berdoa kita semua diberikan kesehatan," tandasnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0