Tampung Pasien Tanpa Gejala Covid-19, Pemkot Bogor Siapkan Ratusan Kamar Hotel

Dari 21 Rumah Sakit yang Ada di Kota Bogor Sudah 49 Persen Terisi Pasien Covid-19.
Adiantoro - Nasional,Minggu, 11-10-2020 12:14 WIB
Tampung Pasien Tanpa Gejala Covid-19, Pemkot Bogor Siapkan Ratusan Kamar Hotel
Ilustrasi.

Jakarta, Nusantaratv.com - Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), Syarifah Sofiah mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan satu hotel berkapasitas 300 kamar khusus isolasi mandiri pasien tanpa gejala Covid-19.

Kita sudah mengusulkan satu hotel ke BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), di situ ada 300 kamar untuk dijadikan tempat isolasi pasien tanpa gejala - kata Syarifah, Minggu (11/10/2020).

Kendati demikian, ungkap Syarifah, hotel tersebut harus terlebih dahulu mendapatkan penilaian dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 terkait kelayakannya.

Satgas melakukan review dan juga membuat berita acara, kemudian disampaikan ke BNPB. Kita diminta koordinasi dengan BNPB untuk tindak lanjutnya - lanjutnya.

Selain itu, sebelum hotel itu digunakan, Pemkot Bogor juga harus sudah menghitung pembiayaannya ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jabar. Hal ini dilakukan agar pihak hotel nantinya tidak dirugikan.

Baca Juga: IDI: Klaster Demo Akan Picu Lonjakan COVID-19

Yang terpenting tadi disampaikan tidak merugikan hotel, karena akan dilihat dari harga minimum charge, terus nanti dibayar. Jadi ada beberapa skema dengan BPKP - tambah Syarifah.

Sementara itu, terkait pengawasan dan pengendalian, Syarifah mengungkapkan pihaknya dibantu oleh TNI dan Kementerian Kesehatan (Kemkes).

Disebutkannya, TNI akan mengawasi instalasi pengolahan limbah, maupun Amdal dan lain-lain. Sedangkan Kemkes akan melakukan pelatihan kepada karyawan-karyawan hotel, kendati sebagian besar akan diisi tenaga medis dalam penanganannya.

Untuk tenaga medis dan lain-lain nanti diajukan dan dikoordinasikan dengan BNPB, kemudian yang jelas dari BNPB pun dananya nanti ditempatkan di BPBD sehingga BPBD harus menunjuk BPK - imbuhnya.

Berdasarkan data per Sabtu (10/10/2020), jelas dia, dari 21 Rumah sakit yang ada di Kota Bogor sudah 49 persen terisi. 

Di gedung BNN Lido, Kabupaten Bogor ada 122 kamar, sudah terisi 39 kamar pasien isolasi mandiri - tukas Syarifah.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0