Takut Uji Swab, Puluhan Pelamar Pengawas TPS di Bali Mundur

Akibat banyak yang enggan menjadi pengawas TPS, Bawaslu akhirnya memperpanjang jadwal pendaftaran
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Minggu, 18-10-2020 20:53 WIB
Takut Uji Swab, Puluhan Pelamar Pengawas TPS di Bali Mundur
Seorang petugas medis dengan APD lengkap sedang melakukan uji swab/ist

Bali, Nusantaratv.com-Lantaran takut menjalani uji swab, sebanyak 50 orang pelamar pengawas tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Bangli, Bali memutuskan mundur. 

Uji swab yang difasilitasi Bawaslu Bangli itu untuk memastikan bebas covid-19 setelah pelantikan. Jika ada yang positif covid-19 langsung diganti.

Ketua Bawaslu Bangli I Nengah Purna menegaskan, uji swab itu menjadi ketakutan sekitar 50 orang pelamar. Sehingga mereka memilih batal melamar. Padahal dari sekian itu, banyak yang telah memenuhi syarat.  Tinggal menyatakan siap ikut uji swab. 

“Kami tidak berani memaksa karena alasannya tidak berani di-swab,” ujar Purna, Minggu (18/10).  

Alasan seperti itu, menurut Purna, keliru. Sebenarnya uji swab menguntungkan karena bisa tahu terpapar Covid-19 atau tidak. Ketika tidak ada virus tersebut, lanjut menjadi pengawas TPS. Namun apabila ternyata positif Covid-19, tinggal mengikuti mekanisme, yakni menjalani isolasi.  
“Mungkin trauma atau bagaimana. Inilah pentingnya memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat,” jelas Purna.

Baca juga: Tarif Tes Swab Rp 900 Ribu, IDI: Harusnya Gratis!

Akibat banyak yang enggan menjadi pengawas TPS, Bawaslu akhirnya memperpanjang jadwal pendaftaran. Jumlah pelamar tidak sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhannya 566 orang. Namun sesuai ketentuan, jumlah yang harus direkrut dua kali lipat atau 1.132. 

“Yang direkrut lebih banyak untuk antisipasi apabila ada yang positif Covid-19, jadi bisa langsung diganti,” terang Purna.  

Pendaftaran yang semula dijadwalkan 13-15 Oktober, diperpanjang hingga 19 Oktober. Hingga Minggu (18/10), Bawaslu masih kurang 122 pengawas TPS untuk ditempatkan di enam desa di Kecamatan Kintamani.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0