Simulasi Pilkada Medan, Petahana Ungguli Menantu Jokowi

Dijelaskan, survei tersebut dilaksanakan pada 8 – 11 November 2020, dengan melibatkan 810 tresponden yang tersebar di seluruh...
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Jumat, 20-11-2020 21:45 WIB
Simulasi Pilkada Medan, Petahana Ungguli Menantu Jokowi
Dua pasangan calon yang akan bertarung dalam Pilkada Kota Medan 2020/ist

Medan, Nusantaratv.com-Jelang hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang, lembaga survei Roda Tiga Konsultan melakukan simulasi elektabilitas (keterpilihan) terhadap dua pasangan calon (paslon) yang akan bertarung dalam Pilkada Medan 2020. 

Menariknya, survei menggunakan metode simulai dengan surat suara spesimen. Hasilnya, paslon nomor urut satu yang juga petahana  Akhyar Nasution-Salman Alfarisi unggul atas pasangan nomor urut dua yang tak lain adalah menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution-Aulia Rachman.

Direktur Riset Roda Tiga Muh. Taufiq Arif menyebut bahwa paslon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mendapat nilai elektoral 53,1 persen. Sementara Bobby Nasution-Aulia Rachman meraih nilai elektoral 37,3 persen. 

“Sisanya, 9,6 persen menolak melakukan simulasi,” ujar Taufiq Arif, Jumat (20/11).

Baca juga: Bobby Nasution Teken Kontrak Politik Harus Jadikan Medan Kota Toleran

Dijelaskan, survei tersebut dilaksanakan pada 8 – 11 November 2020, dengan melibatkan 810 tresponden yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Medan secara proporsional. Dengan Margin of Error (MoE) di sekitar 3,53 persen dan confidence level 95 persen.

Taufiq Arif lebih lanjut mengatakan survei tersebut dilakukan untuk mengukur strong voters kedua paslon. Pada paslon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dari nilai elektoral 53,1 persen, diketahui 51,5 persen menyatakan yakin atas pilihannya. Sisanya 1,6 persen mengatakan belum yakin atau masih ragu-ragu.

Sementara pada paslon Bobby Nasution-Aulia Rachman dari nilai elektoral 37,9 persen, sebanyak 35,8 persen menyatakan sudah yakin dengan pilihannya. Sisanya 2,1 persen masih ragu-ragu atau belum yakin dengan pilihannya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0