Salut! Driver Ojek Ini Daftar Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19

Pria itu lulus pemeriksaan kesehatan dan dianggap memenuhi syarat
Sarah Fiba - Nasional,Jumat, 30-10-2020 12:48 WIB
Salut! Driver Ojek Ini Daftar Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19
(AP)

Nusantaratv.com- Seorang pria pengemudi ojek di Bandung bernama Fadly Barjadi Kusuma dan tujuh anggota keluarganya mendaftarkan diri sebagai relawan uji coba vaksin Covid-19.

 Fadly dan istrinya, Mira Nurani, yang berusia 32 tahun, lulus pemeriksaan kesehatan dan dianggap memenuhi syarat untuk mengambil bagian dalam uji coba klinis tahap akhir vaksin covid-19 pada manusia.

Vaksin tersebut sedang dikembangkan oleh Sinovac Biotech, sebuah perusahaan farmasi swasta China. Perusahaan juga menguji coba vaksin di negara lain, termasuk Brasil dan Turki.

Tiga saudara perempuan Mira dan kerabat lainnya juga mendaftar untuk uji coba. 

Namun, saudara perempuan dan ibu mertua  Fadly tidak lolos karena tekanan darah tinggi.

Fadly mengatakan kepada The Straits Times bahwa dia dan keluarganya berharap vaksin akan segera ditemukan.

"Menjadi sukarelawan uji coba berarti membantu semua orang untuk melawan virus," katanya. 

Menurutnya, jika vaksin ini tidak berhasil, kesehatannya bisa terancam. Tetapi jika berhasil, ia akan menjadi orang pertama yang mendapat manfaat. Dan yang lain juga akan mendapat manfaatnya. 

Istrinya, Mira, mengatakan dia mendaftar seminggu setelah Fadly mengambil dosis pertamanya pada 11 Agustus dan tidak menunjukkan gejala negatif. 

Dia juga dibujuk oleh saudara perempuannya, yang menjadi sukarelawan dalam uji coba vaksin untuk flu burung H5N1 - juga dikenal sebagai flu burung - sekitar satu dekade lalu.

"Kami merasa terhormat bisa mendapatkan vaksin lebih awal dari yang lain. Saya berharap dapat membantu orang lain dengan bergabung," kata petugas laundry itu kepada The Straits Times, Kamis (29/10). 

"Ketika saya mendaftar, banyak orang yang saya kenal juga melakukan hal yang sama. Itu semakin menyemangati saya," tambahnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0