Polisi Periksa Klinik di Jababeka Terkait Limbah Medis Covid-19

Pemeriksaan terkait temuan limbah medis eks penanganan virus corona.
Alamsyah - Nasional,Rabu, 11-11-2020 22:30 WIB
Polisi Periksa Klinik di Jababeka Terkait Limbah Medis Covid-19
Limbah medis Covid-19 di bekasi

Jakarta, Nusantaratv.com - Polres Metro Bekasi melakukan pemanggilan terhadap salah satu klinik di Jababeka, atas temuan limbah medis bekas penanganan virus corona atau Covid-19 di Desa Sikaindah, Sukatani, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, yang viral belum lama ini.

"Kita harus benar mendalami itu (limbah medis) dari klinik bersangkutan. Ini masih dalam proses pemeriksaan jadi masih on-progres," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

Hendra melanjutkan, pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, yang mengetahui pembuangan medis bekas penanganan Covid-19 itu di tepi jalan.

"Lalu limbahnya dari mana kemudian ini pelanggarannya apa. Ini masih dalam proses yang diperiksa juga udah cukup banyak kok," ujar Hendra.

Mengenai jumlah yang diperiksa, Hendra mengaku tak begitu paham. Dia mengaku saat ini tengah memeriksa sejumlah barang bukti yang didapati dari temuan limbah medis itu.

"Detail jumlahnya saya enggak paham, yang jelas ada barang bukti yang sudah kita amankan kita lakukan pengecekan untuk memastikan kembali mengandung B3 atau bukan," beber dia.

Namun saksi-saksi yang telah diperiksa itu mengarah ke pelaku atas pembuangan limbah medis itu. "Saya kurang tahu jumlah pastinya yang jelas saksi-saksi yang mengarah ke pelaku, saksi-saksi yang terkait dengan unsur sangkaan itu yang kita periksa," tuturnya.

Pihaknya, pun telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk memastikan bahwa limbah medis bekas penanganan Covid-19 itu merupakan bahan B3. "Melibatkan nanti kedepannya akan seperti itu kita melibatkan LH, Laboratorium kita libatkan," kata Hendra.

Diketahui, warga Kabupaten Bekasi baru-baru ini dihebohkan dengan penemuan limbah medis di pinggir Jalan di Desa Sikaindah, Sukatani, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi. Bahkan temuan limbah medis itu viral di media sosial. Dalam media sosial itu menunjukan limbah medis berserakan di pinggir jalan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0