Polisi Jaga Rumah Warga Pengungsi Gunung Merapi

Pada kesempatan yang sama, Kasubaghumas Polres Klaten, Ipda Nahrowi menjelaskan sejumlah anggota polisi sudah disebar di...
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Rabu, 18-11-2020 18:55 WIB
Polisi Jaga Rumah Warga Pengungsi Gunung Merapi
Pemukiman di sekitar lereng Gunung Merapi/ist

Klaten, Nusantaratv.com-Polisi mewaspadai potensi aksi kejahatan di rumah-rumah warga di lereng Gunung Merapi yang kini kosong setelah ditinggal mengungsi oleh penghuninya. Dua aksi kejahatan yang diwaspadai adalah pencurian dan penjarahan. 

Demi mencegah terjadinya aksi kejahatan tersebut, Polres Klaten telah melakukan pemetaan di seluruh wilayah lereng Gunung Merapi..  

Demikian disampaikan Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, di kantornya, Rabu (18/11/2020).

"Hari ini, saya sudah mengumpulkan seluruh kepala unit. Intinya membahas antisipasi terjadinya aksi kejahatan di lereng Gunung Merapi. Saat ini, kami sudah petakan daerah mana-mana saja yang akan ditinggalkan warganya untuk mengungsi saat erupsi Gunung Merapi. Intinya, barang-barang yang ditinggalkan para pengungsi jangan sampai dicuri atau pun dijarah orang tak bertanggung jawab. Jadi, kami sudah memiliki rencana tentang apa-apa yang harus dilakukan untuk mencegah aksi kejahatan itu," kata AKP Andriansyah Rithas Hasibuan.

Baca juga: Pengungsi Gunung Merapi Terus Bertambah

AKP Andriansyah Rithas Hasibuan mengatakan di antara fokus pengawasan anggota Satreskrim Polres Klaten, yakni keberadaan hewan ternak. Nantinya, anggota Satreskrim Polres Klaten tak akan memberikan toleransi terhadap setiap pelaku kejahatan di lereng Gunung Merapi.

"Sesuai pengalaman di tahun 2010, ada aksi pencurian atau penjarahan di daerah yang ditinggalkan warga selama mengungsi [saat erupsi Gunung Merapi]. Kami tak menginginkan hal itu. Makanya jika ada yang nekat melakukan kejahatan, kami akan menerapkan pasal pencurian semaksimal mungkin. Ancaman hukuman akan kami optimalkan [Pasal 362 dan 363 KUHP tentang Pencurian]," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kasubaghumas Polres Klaten, Ipda Nahrowi menjelaskan sejumlah anggota polisi sudah disebar di lereng Gunung Merapi.

"Di atas [di lereng Merapi] sudah ada sejumlah anggota yang rutin berpatroli. Termasuk 50 anggota Brimob yang disiagakan," katanya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0