Pakai Masker Asal-Asalan, Satpol PP Geregetan

Dalam melaksanakan tugas, petugas gabungan selalu menerapkan pendekatan persuasif.
Supriyanto - Nasional,Jumat, 13-11-2020 09:20 WIB
Pakai Masker Asal-Asalan, Satpol PP Geregetan
Satpol PP Karangasem lakukan razia terhadap warga yang tidak memakai masker.

Nusantaratv.com, Bali – Kesadaran warga dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker dirasa masih lemah. Banyak warga yang belum menyadari betapa pentingnya disiplin menjalan prokes. Mereka masih asal-asalan pakai masker, demikian dikeluhkan oleh Satpol PP Karangasem yang melakukan razia penggunaan masker.

Dalam operasi yang digelar di Kecamatan Abang dan Kubu, pada Kamis (12/11/2020) kemarin, petugas berhasil menjaring 57 orang pelanggar tidak menggunakan masker. Yang bikin geregetan, banyak warga yang sudah membawa masker namun tidak dipakai.

Kabid Penegakan UU Daerah Satpol PP Karangasem I Made Aditya Sugiharta menyebut, dari 57 pelanggar, 51 orang diberikan pemahaman agar selalu memakai masker dengan benar saat di luar rumah. Sementara enam orang lagi diberi sanksi penundaan pelayanan administrasi lantaran tidak memakai masker. “Sedangkan sanksi denda belum ada,” kata Aditya.

Diakui, dalam melaksanakan tugas, petugas gabungan selalu menerapkan pendekatan persuasif. Operasi prokes ini masih bertumpu pada Peraturan Gubernur dan Peraturan Bupati yang menekankan pada penekanan penyebaran Covid-19. “Seperti saat ada warga memakai masker lusuh, kami berikan masker baru. Jadi sanksi tidak asal hantam saja,” tegasnya.

Baca Juga: Cilacap Siapkan Sistem Belajar Tatap Muka

Dalam suatu operasi, petugas juga mengaku pernah menjaring sekitar 2.000 orang karena melanggar ketentuan dan imbauan pemerintah dalam memakai masker saat ke luar rumah. Menurut Petugas, operasi seperti ini akan terus digelar. Karena hanya dengan cara seperti ini rantai penyebaran virus Covid-19 dapat diputus.

Tak bosan-bosannya petugas menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumuman, serta sering mencuci tangan dengan sabun. Alhasil, hampir tiga bulan berjalan, sebagian besar warga sudah disiplin menerapkan prokes.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0