Mengenal Komunitas Mantan Pasien Covid-19

Tujuan dibentuknya komunitas ini untuk memberi penerangan kepada siapa saja tentang covid-19 dan bagaimana menghadapi saudara...
Supriyanto - Nasional,Selasa, 17-11-2020 18:20 WIB
Mengenal Komunitas Mantan Pasien Covid-19
Anggota Komunitas Eks Pasien Covid-19, Purwakarta.

Nusantaratv.com - Sembuh dari covid-19, 125 mantan pasien covid-19 di Purwakarta, Jawa Barat membentuk sebuah komunitas. Tujuan dibentuknya komunitas ini untuk memberi penerangan kepada siapa saja tentang covid-19 dan bagaimana menghadapi saudara atau teman yang dinyatakan positif covid-19.

Anggota komunitas ini adalah mereka yang pernah dirawat di RS Abdul Radzak, Rumah Sakit Bayu Asih, Rumah Isolasi Maracang, dan wisma isolasi Hotel Aruni. Ide pembentukan komunitas mantan penderita covid-19 ini tercetus setelah mereka mengadakan pertemuan ‘mantan pasien covid’. Wadah yang mereka bentuk diberi nama Komunitas Eks Pasien Covid-19, Purwakarta.

Sebagai ketua ditunjuk, Ade Supyani yang baru dinyatakan sembuh dari covid-19. Tujuan didirikan komunitas ini untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat, apabila berhadapan dengan penderita dan keluarga penderita Covid-19.

“Jangan sampai, saat dinyatakan positif covid-19, malah dikucilkan oleh warga setempat, aktivitas sosial yang biasanya dilakukan otomatis dihentikan,” Kata  Ade Suryani. Selasa (17/11). 

Menurut Ade, yang harus dilakukan jika dinyatakan positif COVID-19 yang pertama-tama adalah jangan sampai stres, makan makanan bergizi, perbanyak konsumsi makanan bervitamin yang dapat menambah imunitas tubuh, lakukan kegiatan olahraga dan mesti tetap gembira, serta berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan.

Baca Juga: Studi : Main Game Baik untuk Kesehatan Mental

Selain upaya disiplin penerapan protokol kesehatan dan melakukan 3M untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus dari Wuhan tersebut. Upaya-upaya lain yang bersifat humanis harus tetap dilakukan bagi para penderita Covid-19. 

“Masyarakat secara umum juga harus tetap memberikan semangat agar para pasien yang terpapar virus tidak mendapatkan stigma yang negatif,” jelasnya. 

Dari data yang dilansir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purwakarta, hingga akhir pekan kemarin, dari 925 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, 563 orang diantaranya dinyatakan sembuh dan 41 meninggal dunia. Sementara, untuk pasien positif aktif jumlahnya mencapai 321 orang.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0