Lawan Covid-19, Nias Bakal Miliki Lab PCR Sendiri

Tekan Penyebaran Covid-19, Nias Akan Punya Lab PCR Sendiri
Rayza Nirwan - Nasional,Selasa, 22-09-2020 19:49 WIB
Lawan Covid-19, Nias Bakal Miliki Lab PCR Sendiri
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat meninjau RSUD Gunungsitoli/ Kemendagri

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memastikan Kepulauan Nias akan memiliki Laboratoriaum Polymerase Chain Reaction (Lab PCR) sendiri. Lab PCR ini akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunungsitoli yang merupakan RS Rujukan Covid-19.

Gubernur Sumut memastikan Lab PCR tersebut akan dikirim secepatnya ke Gunungsitoli untuk mempercepat pendeteksian Covid-19 di Nias. Dengan begitu, harapannya terkait penyebaran Covid-19 di Kepulauan Nias bisa lebih cepat ditangani dan masyarakat memiliki kepastian status.

Baca Juga: PLN Normalkan Pasokan Listrik Pasca Banjir Bandang Sukabumi

"Selama ini untuk menguji sampel swab harus dikirim ke Medan. Ini membutuhkan waktu yang lama dan sekarang alat tranportasi ke sini sudah terbatas. Jadi kita akan buat Lab PCR di rumah sakit ini sehingga ada kepastian untuk masyarakat kita. Mereka tidak perlu menunggu lama untuk hasilnya," kata Gubernur Sumut, (21/9/2020).

Selama ini untuk mendeteksi Covid-19, RSUD Gunungsitoli masih menggunakan metode Test Cepat Molekular (TCM). Namun saat ini catridge untuk TCM telah habis di Nias. Untuk melanjutkan upaya pelacakan kasus dan mengetes masyarakat Edy Rahmayadi menyiapkan 2.850 Rapid Test Antigen.

"Paling lambat Lab PCR akan sampai ke sini besok. Bila bisa dikirim hari ini kita kirim hari ini. Sementara sebelum itu datang, di instalasi kita siapkan Rapid Test Antigen yang keakuratannya sekitar 70%," ungkap Gubernur Sumut.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0